DAERAHNASIONAL

Wisata Alam Gua Batu Kapal Manjakan Mata Wisatawan


Respon Solok – Dari depan, Gua mirip tebing berwarna keputihan menjulang tinggi sekitar 80 meter, keindahan Gua ini benar-benar memanjakan mata.
Hal ini dikatakan Kepala Diskominfo Sumbar Yeflin Luandri ketika menyempatkan diri mengunjungi destinasi wisata alam, Gua Batu Kapal di Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan, Rabu (29/5/2019).
Destinasi wisata yang berjarak sekitar 135 km dari Kota Padang ini dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang merupakan warga masyarakat sekitar.
Pokdarwis ini dapat dikembangkan menjadi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dengan fokus pada kepariwisataan.
Selain itu, Diskominfo Prov Sumbar juga sedang mengembangkan aplikasi untuk mendukung pengembangan serta promosi kepariwisataan.
“Kami telah menyediakan aplikasi bernama SiKamek (Sistem Informasi Kepariwisataan Minang Yang Elok), tantangan kedepan adalah bagaimana mengoptimalkan konten aplikasi ini,” sebut Yeflin.
Dikatakan bahwa aplikasi SiKamek nantinya akan berisi lengkap informasi tentang kepariwisataan di Sumbar mulai info daerah destinasi, transportasi, akomodasi serta wisata kuliner dan lainnya.
Sementara Kepala Diskominfo Kab. Solok Selatan Syamsurizal, yang ikut mendampingi rombongan, menyebutkan bahwa Gua Batu Kapal terdiri dari empat bagian terpisah.
“Namun tidak semua bisa langsung dilihat, terdapat sarang burung walet dan kelelawar yang cukup membayahakan wisatawan,” ujarnya.
Diakui salah satu daya tarik gua adalah apabila terkena cahaya atau sinar Matahari, maka dindingnya akan terlihat berwarna-warni sehingga terlihat indah, apalagi jika menjadi latar fotografi. 
(SV/ MMC Diskominfo/toeb)

Comment here