Wapres Pastikan Pemda Lakukan Kebijakan Penanganan Covid-19

Dering24

Dering24

EDUKASINASIONALPOLITIK

Wapres Pastikan Pemda Lakukan Kebijakan Penanganan Covid-19

Wapres Pastikan Pemda Lakukan Kebijakan Penanganan Covid-19

DERING24.COM Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’aruf Amin memastikan setiap kebijakan pemerintah pusat dapat dilaksanakan oleh pemerintah daerah (Pemda) dalam menghadapi berbagai dampak negatif dari Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

“Wapres melakukan monitoring terhadap pelaksanaan kebijakan penanganan Covid-19, seperti yang dilakukan beberapa waktu lalu melakukan dialog dengan para gubernur dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan lain-lainnya,” ujar Staf Khusus Wapres Ikhsan Abdullah melalui siaran konferensi video pada Sabtu (2/5/2020).

Menurut dia, langkah ini penting dalam memastikan para kepala daerah melakukan kebijakan penanganan virus tersebut sesuai dengan protokol kesehatan yang diterbitkan oleh pemerintah pusat. Keselarasan antara keduanya akan berpotensi membuat pengendalian Covid-19 dapat dilakukan dengan waktu yang relatif cepat.

Dengan memastikan semua kebijakan dilakukan oleh Pemda, kata dia, tentunya akan berdapak positif bagi kehidupan masyarakat terdampak. “Memantau bagaimana kebijakan pusat dapat dijalankan oleh para kepada daerah yang terkait,” imbuhnya.

Selain itu, tugas Wapres memberikan evaluasi terhadap setiap kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19 di berbagai sektor. Sehingga, kebijakan yang sudah diterbitkan tersebut dapat dilakukan dengan secara optimal oleh para menteri.

Oleh karena itu, koordinasi yang dilakukan oleh Wapres dan Presiden dalam penanganan Covid-19 dilakukan secara intensif. Wapres akan melakukan koordinasi langsung kepada Presiden Joko Widodo atau menteri terkait terkait dengan regulasi di atas. Semua ini dilakukan dengan tujuan mempercepat penangan virus ini di dalam negeri.

“Koordinasi dilakukan setiap saat apabila kebijakan yang sangat penting dapat dipantau langsung oleh Wapres. Sehingga menteri terkait dapat menjalankan regulasi dengan baik,” pungkasnya.

Comment here