EDUKASIPemerintahPEMPROV

Wajah Baru Pejabat Eselon II Pemprov Bengkulu

Wajah Baru Pejabat Eselon Ii Pemprov Bengkulu

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melantik sejumlah Pejabat Tinggi Pratama (eselon II) Provinsi Bengkulu. Para pejabat yang dilantik merupakan hasil dari seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Bengkulu beberapa hari silam.

Menurut gubernur, regenerasi pejabat pada Organisasi Perangkat Daerah hendaklah memberikan dampak positif agar roda pemerintahan kian membaik dari generasi ke generasi. Untuk itu dirinya berpesan, pejabat tak sekadar sebagai sosok yang diakui miliki kewenangan secara legal, namun juga miliki jiwa kepemimpinan yang berintegritas.

“Tak hanya diakui secara legal, tapi hendaknya juga bisa diikuti oleh bawahanya, oleh timnya. Artinya harus pantas jadi panutan, harus bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman, kemudian bisa berinovasi dan tentunya solutif,” ucap Rohidin saat sambutan pelantikan, Senin 24 April 2022.

Seperti diketahui, seleksi JPT Pratama Provinsi Bengkulu kali ini juga diprioritaskan untuk ASN di wilayah Provinsi Bengkulu. Wajah-wajah barupun kini tampil memperkuat ‘kabinet’ Bengkulu Maju Sejahtera dan Hebat ini.

Edi Susanto misalnya, pria kelahiran Arga Makmur ini pernah malang melintang di birokrasi pemerintahan. Sempat berkarir sebagai inspektur pembantu di Bengkulu Utara hingga Sekretaris BPBD Provinsi Bengkulu. Kini Edi sebagai Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Bengkulu.

WhatsApp Image 2022-04-25 at 16.42.27

Syarifudin, doktor ekonomi lulusan S3 Universitas Bengkulu ini mengawali karirnya di Pemkab Lebong. Pernah menjabat kepala bagian Administrasi Pembangunan di Lebong, kini Syarif menjabat Kepala Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu.

Abdul Hafizh, insinyur kelahiran Curup ini berangkat dari mengabdi di Pemkab Kepahiang. Awalnya staf di Kantor Camat Tebat Karai Kepahiang, dan perjalanannya menempatkan dirinya sebagai Pelaksana tugas Kepala Biro Administrasi Pembangunan di Setda Provinsi Bengkulu. Kini dirinya dipercaya dan definitif dijabatan tersebut.

Redhwan Arif, Kadis Kominfo Provinsi Bengkulu yang baru. Dia berpengalaman sebagai direktur RSUD, Kadis Kesehatan serta Kadis Pemberdayaan Perempuan di Bengkulu Selatan. Pria lulusan Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini mengawali karirnya sebagai Kasubag Perencanaan di RSUD Manna.

Seperti biasa, pelantikan juga dilakukan menandatanganan Pakta Integritas untuk tidak terlibat korupsi dan tidak terlibat penyalahgunaan narkotika.

Dempo Minta Kepala OPD Bergegas Bangun Sinergi!!

Dalam kesempatan berbeda, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Dempo Xler mengatakan, regenerasi pejabat dilingkungan pemerintahan harus mampu berinovasi dan memberikan solusi. “Solusi pada persoalan OPD itu sendiri, karena kita semua tahu pandemi juga menghantam roda pemerintahan. Dan tentunya solusi persoalan daerah,” ucap Dempo.

Dirinya meminta OPD membuat target sektoral dan lintas sektoral, dan tak terkurung dengan kemampuan APBD melulu. Menurutnya, visi Gubernur untuk membangun Bengkulu tentu sudah dipahami tiap-tiap kepala OPD.

“Kita menyakini Gubernur sudah bekerja keras dalam niat baiknya membangun Bengkulu yang tercantum dalam RPJMD, maka kepala OPD termasuk yang baru dilantik, jangan berleha-leha atau malah menjadi beban gubernur. Ayo aktif mencari dana kementerian di luar dana DAK dan APBD, targetkan kalau perlu,” tegas Dempo

Dempo juga berpendapat, regenerasi pejabat ataupun mutasi di lingkup pemerintahan juga hendaknya diikuti peningkatan kualitas komunikasi antar pemangku kebijakan. baru-baru ini juga alat kelengkapan dewan terjadi penyegaran.

“Bergegas bangun komunikasi, bangun sinergi. Karena di AKD juga barusan ada penyegaran. Insya Allah, ini menjadi semangat baru di akhir Ramadhan ini. Selamat kepada yang dilantik,” demikian pesannya.

Berikut nama-nama pejabat eselon II Provinsi Bengkulu yang baru dilantik:

  1. Gunawan Suryadi sebagai Kepala BKD
  2. Bambang Agus S sebagai Kadis Perhubungan
  3. Moh. Redhwan Arif Kadis Kominfo dan Statistik
  4. Saidirman Kadis Pariwisata
  5. Syarifudin, Karo Pemkesra
  6. Hendri Donan, Karo Hukum
  7. Zahirman Aidi, Karo Perekonomian
  8. Edi Susanto, Karo Organisasi
  9. Abdul Hafihd, Karo Administrasi Pembangunan

Comment here