LIFESTYLENASIONAL

Turis Asing Mandi Pakai Sarung di Pantai

Polewali Mandar. MR – Ada yang berbeda ketika para wisatawan Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF) tour melaksanakan berbagai kegiatan pariwisata dan budaya di Pantai Mampie Desa Galeso Kec Wonomulyo.
Usai melakukan penanaman bibit magrove di lokasi pantai mampie, dan bermain maasing salah satu permaianan tradisonal rakyat Mandar, Selasa (2/8/2017), para wisatawan dari 17 negara peserta festival budaya dan seni ini pun, tidak melewatkan kesempatan baik menikmati keindahan pantai bahari Mampie.
Lazimnya para turis asing ini mengenakan kostum pantai jika surfing atau berenang di pantai. Namun saat mereka mencoba budaya wanita Mandar yang tinggal di pesisir yakni Mappasse atau mandi mengenakan sarung, mereka pun senang luar biasa.
Menurut Yulianti warga Mampie, sehari-hari warga disini mandi dengan mengenakan kain sarung, baik saat mandi di laut, sungai atau di sumur.
“Saat para turis peserta PIFAF mandi mengenakan sarung, mereka mengaku senang dan mau belajar mengikatkan sarung di tubuhnya,” katanya.
Zabir dari Himpunan Pariwisata 2017 menilai budaya Mappasse menjadi ciri khas masyarakat lokal dan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan hingga mereka pun tertarik mencobanya. (Media Center PIFAF)

Comment here