Tips Menghindari Pertengkaran Selama Liburan

Dering24

Dering24

LIFESTYLE

Tips Menghindari Pertengkaran Selama Liburan

LifeStyle D24 – Konsep liburan bersama pasangan adalah untuk menghabiskan waktu berdua saja dan menambah keintiman. Akan tetapi, ketika tujuan tersebut justru tidak tercapai karena Anda berdua sering bertengkar, tentu hanya akan merusak suasana, bukan? Ini dia beberapa cara menghindari pertengkaran selama liburan bersama pasangan. 

Tips menghindari pertengkaran selama liburan Ala Hello Sehat

Berselisih paham dalam hubungan adalah hal yang sangat wajar dan normal terjadi. Apalagi ketika pertengkaran tersebut terjadi saat Anda berdua berlibur bersama. 

Entah itu karena masalah uang atau stres bisa menjadi faktor mengapa Anda berdua bertengkar. Waktu yang seharusnya dihabiskan bersama-sama menambahkan keintiman kembali justru menjadi hancur karena masalah tersebut. 

Supaya liburan Anda berdua tidak rusak karena bertengkar, ada beberapa cara yang mungkin cukup ampuh menghindari pertengkaran selama liburan.

1. Lebih rileks saat merencanakan liburan

Bagi beberapa orang mungkin merasa tegang atau stres sebelum waktu liburan tiba. Ada beberapa faktor yang menyebabkan itu semua, seperti ada pekerjaan yang belum selesai atau masih banyak yang harus dipersiapkan untuk liburan. 

Akibatnya, ketika sudah mendekati hari keberangkatan, Anda atau pasangan cenderung mempermasalahkan hal-hal kecil. 

Misalnya, pasangan Anda tidak mengemas pakaiannya dengan baik dan membuat kamar menjadi berantakan, sehingga membuat Anda semakin stres. Hal-hal yang terlihat kecil tersebut sebenarnya mungkin jarang Anda permasalahkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, karena dorongan stres yang dialami sebelum liburan ini membuat Anda dan pasangan bertengkar. Maka itu, untuk menghindari pertengkaran selama liburan, cobalah untuk lebih santai dan minta bantuan pasangan ketika Anda merasa kesusahan. 

Pada saat waktu keberangkatan tiba, Anda dan pasangan mungkin lebih rileks dalam perjalanan tanpa ada lagi selisih paham yang menghalangi. 

2. Menetapkan anggaran untuk berlibur

Salah satu cara menghindari pertengkaran selama liburan adalah dengan membahas masalah keuangan. Menurut American Psychological Association, hampir sepertiga orang dewasa melaporkan bahwa uang adalah salah satu penyebab utama terjadinya konflik dalam hubungan. 

Pada saat Anda berlibur bersama pasangan mungkin akan ada pengeluaran yang sangat besar dan mengejutkan. Memang Anda dan pasangan mungkin tidak ingin membicarakan hal tersebut karena termasuk topik yang sensitif, tetapi justru hal tersebut bisa saja menumpuk masalah.

Bahkan, hal tersebut bisa berujung pada kurangnya komunikasi dan kejujuran di antara Anda berdua. Mulai dari prioritas uang, perhatian, dan nilai satu sama lain yang bisa menghancurkan pondasi hubungan Anda dalam sekejap saat berlibur bersama. 

Oleh karena itu, untuk menghindari pertengkaran selama liburan adalah dengan menetapkan anggaran pengeluaran Anda berdua. Misalnya, Anda berdua menetapkan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh kantor. 

Dengan begitu, Anda berdua dapat melihat berapa banyak uang yang dihabiskan selama liburan nanti. Jika terlalu besar dan mengganggu tabungan Anda berdua, cobalah untuk lebih berhemat saat berlibur. 

3. Membuat rencana perjalanan selama liburan

Selain membicarakan masalah uang dan mencoba lebih santai, menghindari pertengkaran selama liburan bisa dilakukan dengan membuat rencana perjalanan. 

Rencana perjalanan selama liburan adalah elemen yang cukup penting untuk mencegah kegiatan yang mungkin tidak disukai oleh salah seorang dari Anda. 

Misalnya, pasangan menyukai kegiatan yang memicu adrenalin, seperti bungee jumping. Sedangkan, Anda lebih memilih untuk mendaki bukit atau sekadar melihat pemandangan sudah sangat membuat Anda senang. 

Kedua aktivitas yang bertentangan tersebut mungkin dapat memicu pertengkaran karena Anda berdua tidak dapat menghabiskan waktu bersama dengan baik. Maka itu, membuat rencana perjalanan yang melibatkan pasangan membuat Anda berdua tahu apa saja yang harus dilakukan ketika berlibur bersama. 

Dengan begitu, Anda berdua bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan menghindari pertengkaran selama liburan bersama.

4. Saling mengingatkan

Kunci utama dari menghindari pertengkaran selama liburan dengan pasangan adalah jujur, komunikasi, dan kompromi. 

Jangan lupa bahwa tujuan Anda untuk berlibur bersama pasangan adalah menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan yang indah. Maka itu, ketika ada hal yang mungkin membuat emosi Anda dan pasangan memuncak, sebaiknya saling mengingatkan diri sendiri untuk tidak lekas marah. 

Dengan membicarakan masalah tersebut dengan baik kemungkinan besar Anda berdua akan menjalin komunikasi dengan baik dan mendapatkan jalan keluar.

Berhasil mengurangi atau menghindari pertengkaran selama liburan sebenarnya dapat menjadi pencapaian sendiri dalam hubungan Anda berdua. Liburan menyenangkan, Anda dan pasangan pun semakin lengket.

Comment here