Tertibkan Ternak Butuh Peran Serta Semua Pihak

Dering24

Dering24

DAERAHMuko-Muko

Tertibkan Ternak Butuh Peran Serta Semua Pihak

DERING24.COM MUKOMUKO – Dalam menertibkan hewan ternak liar di Kabupaten Mukomuko dibutuhkan peran serta semua semua pihak baik Pemerintah Daerah, instansi vertikal dan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dibenarkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, A.Halim.

“Untuk menertibkan hewan ternak liar didaerah ini butuh peran serta semua pihak,”ungkapnya Rabu (15/7/2020)

Menurutnya, dibutuhkan peran serta masyarakat dalam menertibkan hewan ternak ini sudah tertuang dalam  Peraturan daerah (Perda) tentang  penertiban hewan ternak yakni adanya Perbup  tentang penghargaan peran aktif masyarakat dalam upaya penertiban hewan  ternak. 

“Dalam Perbup ini ada penghargaan  bagi masyarakat yang ikut berperan aktif dalam upaya penertiban hewan  ternak baik berupa piagam atau bagi hasil upah tangkap, besaran  bagi hasil upah tangkap diberikan sebesar 50 persen  dari jumlah tangkap yang diterima  tim penertiban hewan ternak,”bebernya. 

Ditambahkan, A.Halim bahwa denda bagi pemilik hewan ternak yang melepasliarkan hewan peliharaannya, untuk ternak besar seperti sapi,kerbau dan sejenisnya sebesar Rp 3 juta per ekor dan ternak kecil seperti kambing, domba dan sejenisnya sebesar Rp 1 juta per ekor. Selain itu pemilik ternak  yang melanggar aturan yang berlaku juga dapat dipidana dengan kurungan  selama – lamanya tiga bulan atau denda sebesar Rp 10 juta.

Ditanya terkait pemberitaan di media online adanya laporan anggota dewan terkait hewan ternak di halaman Kantor DPRD Mukomuko, A.Halim mengatakan adanya laporan tersebut  kita langsung meminta ke anggota dewan agar Scurity menutup pagar untuk dilakukan penangkapan hewan ternak tersebut.

“Ada laporan Via Whatsapp dari salah satu anggota DPRD bahwa ada hewan ternak masuk ke halaman kantor. Kita langsung meminta agar pihak keamanan (Scurity,red) menutup pagar. Kita langsung bergerak menyiapkan personel, kendaraan dan jaring untuk menangkapnya. Namun sampai disitu pagar terbuka dan hewan sudah tidak ada lagi,”terangnya.

A.Halim menegaskan bahwa adanya Perbup  tentang penghargaan peran aktif masyarakat dalam upaya penertiban hewan  ternak ini agar kita bersama-sama menertibkan hewan didaerah ini.

(Trm)

Comment here