Temukan Ribuan Produk Ilegal, BPOM Segera Panggil Para Penjual

Dering24

Dering24

EDUKASIBengkulu MembangunPEMPROV

Temukan Ribuan Produk Ilegal, BPOM Segera Panggil Para Penjual

Temukan Ribuan Produk Ilegal, BPOM Segera Panggil Para Penjual 1

DERING24.COM BENGKULU  – Berbagai macam produk obat tadisional, obat keras dan kosmetik ilegal terhitung dari januari s/d juli 2020 dengan jumlah 19.019 pcs dirupiahkan sebesar Rp107.204.459 kembali di amankan oleh Balai Pengawas Obat  Dan Makanan Provinsi Bengkulu.

Hal ini ungkapkan Kepala BPOM Provinsi Bengkulu, Drs. Syafrudin dalam konferensi Pers di Kantor BPOM Senin (27/07/2020).

Syafrudin menjelaskan, hasil temuan ini merupakan kerja keras dari semua pihak yang ikut serta mengawasi peredaran di beberapa tempat-tempat usaha dan media penjualan di media online.

“Meskipun di tengah-tengah pandemi Covid 19, BPOM terus melakukan pengawasan obat dan makanan agar masyarakat  bengkulu terlindungi dari obat dan makanan illegal,” ujar Syafrudin.

Syafrudin menambahkan, dalam pengawasan ini tentu tidak lepas dari bekerjasama semua pihak,  salah satunya adalah dari media.

Temukan Ribuan Produk Ilegal, BPOM Segera Panggil Para Penjual 2

“Tindak lanjut yang dilakukan yaitu pemanggilan, kita akan pangil serta akan diberikan pembinaan dan penidakan tegas jika produk tersebut masih di jual secara illegal,”tegas Syafarudin.

Secara keseluruhan, Lanjut  Syafarudin, BPOM Bengkulu berhasil menyita ribuan produk ilegal diantaranya,

  1. Temuan Pangan tanpa izin negara jumlah sebanyak 34 pcs
  2. Kosmetik berbagai macam sebanyak 725 pcs 38.750.00, 8.290 pcs.

Dalam arahnya, Syafrudin menghimbau, akan melakukan operasi pemberantasan Obat dan Makanan illegal ini secara rutin dan BPOM juga  minta dukungan serta peran masyarakat untuk  memberikan informasi terkait hal tersebut.

“Kami minta dukungan dari masyarakat maupun bantuan dari lintas sektor seperti Polda, Polres dan juga polsek dalam melakukan kegiatan harus di brantas dengan tuntas,”terangnya.

Untuk diketahui, Balai POM di Bengkulu pada bulan Juli 2020 ini melaksanakan operasi Intensif dan Penindakan Pelaksanaan yaitu  Kota Bengkulu, 4 Wilayah Kabupaten. Sasaran Operasi, Toko, Media Online Pasar, Salon Rumah Tinggal Jenis Barang bukti yang berhasil disita diantaranya Makanan TIE, di temukan juga Kosmetika TIE, Obat Tradisional TIE dan Obat Keras Tanpa Kewenangan.

“Jadi total keseluruhannya yaitu sebanyak 19.019 pcs jika dirupiahkan sebesar Rp107.204.459,”tutup Syafrudin.

(Gn)

Comment here