Uncategorized

Temui Ketua Pedagang, Ini Rancangan Program KNPI Kota Kembangkan Wisata

WhatsApp Image 2022-02-03 at 18.19.01

DERING24.COM BENGKULU – Setelah menjajaki lokasi lahan kawasan Pantai Pasir Putih bersama Disparekraf Provinsi Bengkulu. Rombongan DPD KNPI Kota Bengkulu Kamis (3/01/2022) langsung bergerak cepat menemui Ketua Pedagang Pantai Panjang bernama Idramsyah.

Dimana dari pertemuan singkat dengan pria yang juga Ketua LSM Ikatan Anak Muda Bengkulu Asli (Ikambas), banyak membeberkan fakta menarik seputar kawasan wisata Pantai Panjang, dia juga menyatakan siap mendukung KNPI Kota jika memang sudah ada surat rekomendasi dari pihak terkait untuk pengelolaan lahan kawasan Pantai Pasir Putih.

“Untuk kawasan wisata Pantai Panjang ini, mulai Pasir Putih sampai Pasar Bengkulu ada sekitar lebih dari 700 pedagang, dan kewenangan pantai ini sebelumnya ada di pemerintah kota, namun sekarang sedang proses peralihan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu. Terkait pedagang-pedagang yang ada, itu mereka memang sudah ada sebelumnya, saat itu kewenangannya ada di Dinas Pariwisata Kota. Tapi nanti setelah KNPI mendapatkan izin atau ada surat rekomendasi dari pihak terkait saya siap membantu untuk menyampaikan kepada para pedagang yang ada,” terang Idramsyah.

Sementara itu, dari Ketua Bidang OKK DPD KNPI Kota Bengkulu Dian Marfani S. Ikom dia memastikan bahwa anak muda KNPI akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah OPD terkait yaitu Disparekraf, juga akan berkolaborasi dengan para pedagang yang ada melalui bantuan dari Ketua Pedagang Idramsyah guna mengembangkan objek wisata Pantai Pasir Putih.

“Kita mempunyai konsep wisata keluarga yang dinamakan kampung kreatif dan ini sesuai dengan program pemerintah daerah yang sedang menggalakkan Desa Digital. Nanti kita akan membuat sentra kuliner dengan setiap pedagang mengenakan atribut kebek Kepala Bengkulu. Lalu kita juga akan buat sebuah panggung untuk penampilan musik ataupun penampilan atraksi seni yang akan kita jadwalkan secara continue setiap minggunya. Bisa juga nanti senam Zumba bersama  disana,” terang Damar panggilan akrab Dian Marfani.

Selain itu, dari yang disampaikan oleh Ketua Ikambas tadi juga bahwa meskipun dikawasan wisata Pantai Panjang ini banyak polemik akibat status kewenangan antara pemerintah kota dan pemerintah provinsi. Yang jelas anak muda KNPI Kota Bengkulu ingin menunjukkan kepedulian terhadap daerah.

“Terlepas dari polemik kewenangan, serta polemik di pedagang. Yang jelas kami  mempunyai niat yang baik selaku anak muda untuk ikut berpartisipasi membangun daerah. Kami ingin agar daerah kita maju, objek wisata kita menjadi bagus dan indah sehingga banyak orang yang akan datang berkunjung kedaerah kita,”kata Damar.

Ditambahkan Ketua Bidang Sosial dan Bencana DPD KNPI Kota Bengkulu Ahmad Nasti Nasution, sangat disayangkan kalau objek wisata sebagus Pantai Panjang ini tidak dimanfaatkan.

“Terutama mari kita sama-sama jaga kebersihan, jaga keamanan pantai panjang ini. Karena kalau kawasan wisata ini dikelola dengan baik, maka bisa menjadi salah satu sumber devisa pendapatan bagi daerah,” tambah Nasti. (**)

Comment here