EDUKASIPROVINSI BENGKULU

Temu Kangen, AMBO Dukung Pergub sebagai Acuan Kerjasama Media

WhatsApp Image 2022-01-20 at 19.29.08

DERING24.COM BENGKULU –  Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Bengkulu Kamis siang (20/01/22) menggelar temu kangen bersama Asosiasi Media Bengkulu Online (AMBO) dalam rangka pra sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Bengkulu.

Dalam hal ini, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Sri Hartika, M.Si di dampingi PPTK Irma Baktiar menyampaikan, temu kangen ini tidak lain untuk memperkuat tali silaturahmi bersama awak media.

 “Kami sangat berterima kasih sekali Kepada Aurego cs selaku Ketua AMBO yang telah memenuhi undangan kami dalam rangka silaturahim ini, sudah lama kita tidak bersua, ditahun 2022 ini mari kita bangun Provinsi Bengkulu yang sehat lagi, sesuai dengan teglen kita, Optimis Bengkulu Maju,”ujarnya.

WhatsApp Image 2022-01-20 at 19.29.08 (2)

“Tanpa media dan pemberitaan dari teman-teman, mana mungkin informasi pembangunan daerah bisa sampai ke pelosok, makanya insan pers adalah mitra strategis pemerintah,”tambahnya.

Dalam silaturahmi, Plt Kepala Dinas Sri Hartika juga menyampaikan terkait sosialisasi Pergub yang perlu dipahami bersama, karena pergub ini sebagai upaya mendukung media agar lebih patuh pada regulasi yang ada. 

“Dengan terbitnya Pergub diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dan rangsangan pemilik media untuk melengkapi legalitas perusahaan. Terlebih saat ini dengan banyaknya media yang tumbuh di Provinsi Bengkulu, diharap benar-benar dapat bersaing menjadi lembaga pers yang sehat,” terangnya.

“Untuk kawan media yang belum terdaftar di Dewan Pers. Akan ada keringanan dari kami, media tidak harus terdaftar secara menyeluruh atau faktual, melainkan dengan melengkapi berkas secara online dan terferivikasi secara administrasi,”terang Sri.

Selanjutnya, dalam Pergub juga ditekankan agar lembaga pers memiliki wartawan yang bersertifikat atau memiliki kartu lulus Uji Kompetensi Wartawan. 

WhatsApp Image 2022-01-20 at 19.29.08 (1)

Hal ini lanjutnya, guna menjadikan lembaga pers lebih profesionalitas dan kompetitif dalam mengelola informasi. 

Dalam upaya ini, Diskominfotik tengah menyiapkan kuota sebanyak 72 orang calon wartawan dengan jenjang sebagai wartawan muda, madya dan utama. 

“Namun kami khususkan untuk wartawan muda sebagai syarat agar perusahaan benar-benar serius menggarap medianya. Kali ini akan difasilitasi secara gratis, silahkan agar masing-masing asosiasi wartawan menyiapkan perwakilannya untuk ikut uji kompetensi,”kata Sri. 

Sementara itu, Ketua AMBO Bengkulu Aurego Jaya mengatakan, substansi Pergub tersebut sejalan dengan regulasi pers, baik UU Pers nomor 40 tahun 1999 maupun regulasi turunannya, yakni Peraturan Dewan Pers No 3 Tahun 2019 Tentang Standar Perusahaan Pers.

“Tidak ada yang sulit dalam Pergub ini, hanya ada penegasan yang mengikat saja atas terbitnya Peraturan Dewan Pers No 3 Tahun 2019 tentang Standar Perusahaan Pers. Kita mendukung, meskipun ini terkesan menyulitkan tetapi juga untuk kelengkapan administrasi dan kebaikan kita bersama,” kata Aurego.

Selain itu, pihaknya juga mendukung agar media yang tergabung di AMBO, kedepan dapat menjadi media pers terverifikasi Dewan Pers baik secara administrasi maupun faktual.

[Ads]

Comment here