EDUKASIPOLITIK

Tanggapan Pakar Ekonomi Terkait Dibukanya Konektivitas Antar Daerah oleh Gubernur Rohidin

WhatsApp Image 2020-01-07 at 17.12.41

DERING24.COM, Bengkulu – Upaya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membuka akses konektivitas antar wilayah kabupaten/kota serta antar provinsi tetangga, guna menaikan perekonomian masyarakat mendapat tanggapan positif dari pengamat ekonomi.

Dimana, selama kurun waktu tiga tahun kepemimpinannya, Gubernur Rohidin telah membangun akses jalan dan jembatan yang terkoneksi antar wilayah kabupaten dan kota serta antar provinsi di seluruh kabupaten/kota.

Hal tersebut, akan terus berlanjut hingga diakhir masa jabatannya pada 2021 nanti dan Gubernur Rohidin telah berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan dan peningkatan akses jalan, terutama jalan-jalan sentra produksi masyarakat.

Selain akses jalan, Gubernur Rohidin juga telah mengupayakan terbukanya jalur udara dan laut dengan mengembangkan Bandar Udara Fatmawati Soekarno serta Pelabuhan Pulau Baii Bengkulu untuk menjadi pintu masuk arus investasi, barang dan orang sehingga menjadi gerbang ekonomi Provinsi Bengkulu.

Koordinator Program Magister Managemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu (UNIB), Slamet Widodo, menanggapi positif gagasan pemikiran Gubernur Rohidin dalam upaya membuka semua akses konektivitas baik darat, laut dan udara. Hal tersebut dalam penilaiannya sangatlah tepat sekali untuk menumbuhkembangkan ekonomi Provinsi Bengkulu kedepannya.

“Jika konektivitas dibuka, maka secara otomatis akan membuka akses antar daerah. Sehingga alur barang, alur manusia maupun alur investasi akan lebih ekonomis dan lebih efesien, sehingga bisa memantik pertumbuhan ekonomi Bengkulu,” jelas Slamet Widodo, di Gedung Sekretariat Program Magister Managemen UNIB, Selasa (07/01/2019).

Dengan lancarnya arus barang dan orang, ujar pakar Ilmu Managemen Sumber Daya Manusia ini, juga akan menarik para investor untuk berbisnis di Provinsi Bengkulu, karena dengan infrastruktur yang baik dan terbuka maka arus investasi akan mudah masuk ke Bengkulu ini.

“Sangatlah bagus sekali dalam rangka memompa pertumbuhan ekonomi Bengkulu secara regionalnya dan pertumbuhan ekonomi masyarakat pada sentra-sentra ekonomi. Dimana akan meningkatkan pendapatan masyarakat, menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran hingga membawa pertumbuhan  ekonomi masyarakat, ini yang penting. Dampak dari dibukanya akses yang semakin dinamis, semakin efesien dan efektif dalam pengembangan ekonomi daerah,” tegasnya.

Konektivitas jalan antar wilayah ini juga sangat bagus dalam mendukung pencanangan Wonderful Bengkulu 2020 pada bidang pariwisata, dimana, jelasnya, akses yang lancar dan bagus akan mempermudah dalam menjangkau destinasi wisata di daerah.

Jebolan Doktor University Kebangsaan Malaysia ini memaparkan, untuk meningkatkan ekonomi daerah memang yang utama harus dibuka akses transportasi secara baik, berupa akses jalan yang terkonekvitas antar daerah seperti yang telah dilakukan Gubernur Rohidin tersebut.

Kemudian, disekitar jalan akses tadi harus dibuat ‘good poll’ atau pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi daerah, seperti produk-produk unggulan daerah, misalnya di Kabupaten Kepahiang yang terkenal dengan produk kopinya, dijadikan sentra produk Kopi atau di Rejang Lebong dengan produk Gula Aren dijadikan sentra produk Gula Aren.

“Sehingga akan terjadi pertukaran produk dan pertukaran daya beli didalam pengembangan suatu wilayah. Ini memang, jika jalan sudah terbuka maka dibuatlah pusat-pusat pertumbuhan, baik pusat usaha bisnis kecil menengah maupun pusat-pusat sentra produksi dan industri, terutama yang berkaitan dengan keunggulan daerah,” pungkasnya.

(gempo88)

Comment here

placeholder="Your Comment">