Senator Riri Minta Pemerintah Sikapi dengan Segera 4 Perkara Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Dering24

Dering24

EDUKASIPemerintahPROVINSI BENGKULU

Senator Riri Minta Pemerintah Sikapi dengan Segera 4 Perkara Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Senator Riri Damayanti

DERING24.COM BENGKULU – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menginventarisasi empat permasalahan yang perlu disikapi dengan segera dalam pengelolaan lingkungan hidup di Bengkulu.

Pertama, pentingnya pembuatan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) untuk melindungi rusaknya ekosistem Puspa Langka Nasional seperti bunga Rafflesia Arnoldii di Bengkulu.

“Wacana ini muncul setelah adanya desakan dari Komunitas Peduli Puspa Langka yang menemukan adanya oknum yang membuka objek wisata bunga Rafflesia Arnoldii dengan cara yang tidak bisa dibenarkan. Pemprov sudah menyambut baik rencana ini dan mudah-mudahan bisa sesuai harapan,” kata Riri Damayanti, Senin (7/9/2020).

Kedua, Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini mengungkapkan, ia juga menemukan adanya kelompok masyarakat yang mengeluhkan belum adanya perhatian pemerintah daerah terhadap potensi polusi udara yang bersumber dari abu sisa hasil pembakaran batubara PLTU Bengkulu.

“Polusi ini dinilai akan menurunkan kualitas kesehatan warga, kemudian dengan tingkat kesehatan yang rendah akan meningkatkan risiko terinfeksi covid-19. Ini PR buat pemerintah pusat dan daerah,” ungkap Riri Damayanti.

Ketiga, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini menjelaskan, permasalahan sampah. Ia memaparkan, berdasarkan data yang ada, pemerintah daerah belum sanggup mengelola seluruh sampah yang ditimbulkan di tengah-tengah masyarakat.

“Belum ada terobosan yang efektif dari pemerintah mengenai persoalan penanganan sampah di Bengkulu. Sudah ada solusi-solusi yang dicetuskan bahkan sudah ada yang berjalan tapi hasilnya belum menyentuh persoalan mendasar dari problem sampah yang kompleks,” papar Riri Damayanti.

Keempat, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Kelembagaan Badan Koordinasi Majelis Taklim DMI Provinsi Bengkulu ini menambahkan, antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Pemerintah dan aparat hukum telah berusaha dengan baik. Hanya saja penting ke depan melibatkan pihak-pihak yang punya lahan luas agar ikut berperan secara aktif mengingat potensi kebakaran akan terus terjadi karena musim kemarau diprediksi berlangsung lama,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, secara konstitusional Komite II DPD RI bertugas untuk melakukan pengawasan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Aspirasi-aspirasi yang disampaikan tersebut diungkapkan dalam Sidang Paripurna DPD RI Masa Sidang IV Tahun 2019-2020, belum lama ini. Aspirasi lainnya terkait Perkebunan, Kelautan, Perikanan, Varietas Tanaman, dan lain-lain.

[aDS]

Comment here