EDUKASIPemerintahPROVINSI BENGKULU

Senator Riri Minta 9 Kementerian Tuntaskan 22 Usulan Program Bengkulu yang Sempat Tertunda

DERING24.COM BENGKULU – Memiliki peran dan tugas besar dalam merekatkan persatuan serta memastikan terjaminnya otonomi daerah untuk kepentingan daerah, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) memberikan sejumlah usulan program untuk kementerian pada tahun 2021 mendatang.

Anggota DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief, menuturkan memperjuangkan kepentingan daerah adalah amanah reformasi yang harus didengar dan dilaksanakan oleh semua lembaga tinggi negara di Republik Indonesia, termasuk 22 usulan program Bengkulu yang telah ia himpun untuk kementerian-kementerian yang menjadi mitra kerjanya.

“Pandemi covid-19 telah membuat banyak kemunduran di berbagai bidang yang menutut respon cepat dari pemerintah. Membangkitkan daya beli masyarakat, pengembangan UMKM, pengoptimalkan pemanfaatkan laut Bengkulu dan sebagainya adalah cara yang paling baik untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat yang tergencet akibat wabah,” kata Riri Damayanti, Jumat (11/12/2020).

Beberapa usulan program yang penting segera disikapi, lanjut Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini adalah penyelesaian jalan tol Bengkulu-Lubuk Lingga dan Peningkatan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Jalan tol sejauh ini progresnya cukup menggembirakan. Hanya memang ada kendala sedikit terkait pembebasan lahan. Termasuk program BSPS juga berjalan di semua kabupaten. Ini dua program bagus yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat. Tahun 2021 keduanya harus lebih dimaksimalkan,” ujar Riri Damayanti.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini juga meminta kepada kementerian terkait untuk membantu pemerintah daerah mengembangkan industrialisasi komoditas unggulan seperti kopi, sawit dan karet di Bengkulu.

“Populasi petani di Bengkulu hampir seperempat dari jumlah seluruh penduduk. Sejahterakan petani, Bengkulu sejahtera. Kalau sektor pertanian Bengkulu bangkit, Bengkulu bisa cepat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi,” ungkap Riri Damayanti.

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini juga berharap kementerian terkait bisa melanjutkan pengembangan Bandara Fatmawati, pengembangan Pelabuhan Pulau Baai dan Kereta Api.

“Juga pembukaan akses 4 pintu masuk Bengkulu, yakni Mukomuko–Kerinci Jambi, Lebong–Sarolangun Jambi, Seluma–Empat Lawang dan Kaur–Oku Selatan yang sudah diusulkan pemerintah daerah,” demikian Riri Damayanti.

Kinerja DPD RI mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo yang memuji perannya sebagai representasi daerah. Menurut presiden, DPD sebagai representasi daerah terus bekerja menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus menjadi ujung tombak dalam menjaga dan merevitalisasi nilai-nilai kearifan lokal.

Presiden juga menyatakan bahwa DPD telah memberi masukan kepada pemerintah terkait skema Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Dana Bagi Hasil (DBH) agar desentralisasi fiskal memberikan rasa adil dan menjadi solusi mendasar bagi persoalan yang dihadapi oleh daerah. [Ads]

Comment here