RS Bergerak Enggano Butuh Tambahan Dokter

Dering24

Dering24

DAERAHADVERTORIALBengkulu UtaraPEMPROV

RS Bergerak Enggano Butuh Tambahan Dokter

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

DERING24.COM, Bengkulu Utara Diakhir  agenda Gubernur Bengkulu di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meninjau ke Rumah Sakit Bergerak Enggano, di Desa Malakoni.

Pantauan Media ini, Gubernur Rohidin meninjau seluruh ruangan yang ada disana, seperti ruang dokter, perawat, rawat inap, ruang administrasi dan sebagainya.

Disayangkan, pada kunjungan ke Rumah Sakit Bergerak Enggano ini Gubernur tidak dapat bertemu langsung dengan Direktur Rumah Sakit Bergerak Enggano yakni dr. Meinopriandi Laswin lantaran sedang melakukan perjalanan dinas ke luar pulau.

RS Bergerak Enggano Butuh Tambahan Dokter 1

“Pelayanan kesehatan di Enggano ini perlu mendapatkan peningkatan, terutama dari sisi tenaga medis dan para medisnya, dokternya cuma satu, ini sekaligus bertanggungjawab dengan Puskesmas, memang kita kesulitan dalam penempatan dokter yang memang bersedia kemudian betah untuk tinggal di Enggano,” Kata Gubernur.

Maka dari itu, Gubernur akan meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengarahkan program Enternship ke Pulau Enggano, agar bisa menempatkan tenaga dokter di Enggano bergantian selama enam bulan sekali, mengingat kondisi alam jika bukan penduduk asli Enggano tidak betah untuk tinggal di Enggano.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Azhar, M. Kes mengatakan akan mengupayakan serta memprogamkan dokter ke wilayah Enggano.

“Kita akan koordinasikan terlebih dahulu ke kemenkes. Kita mengupaya betul dokter ke Rumah Sakit Bergerak Enggano Insyaallah programnya trealisasi,”ujarnya.

Sementara Pj Direktur Rumah Sakit Enggano Komalasari mengatakan, dokter sekaligus Direktur Rumah Sakit Bergerak Enggano selalu berada di Enggano, dalam satu bulan bisa dua hingga tiga minggu berada di Enggano, bahkan sampai ful satu bulan.

RS Bergerak Enggano Butuh Tambahan Dokter 2

Namun, di Rumah Sakit Bergerak Enggano ini, tambahnya, saat ini sangat-sangat membutuhkan tenaga medis, seperti dokter, karena tenaga dokter hanya ada satu dan itupun merangkap menjadi direktur Rumah Sakit Bergerak Enggano.

“Dokter sering ada, kadang dalam satu bulan itu ada dua minggu, tiga minggu, kadang sampai ful, makanya kita sangat butuh SDM. Untuk tindakan operasi disini bisa kalau ada SDMnya, karena kita sudah ada ruangannya,” Katanya.

Sebagai informasi, Rumah Sakit Bergerak Enggano ini melayani masyarakat Enggano secara gratis, atau tanpa memungut biaya, baik untuk obat-obatan ataupun perawatan inap, namun jika obat-obatan yang dipakai diluar obat dari Dinas Kesehatan, maka akan dipungut biaya sesuai dengan obat yang digunakan.

 (Ads)

Comment here