EKONOMIPOLITIKPROVINSI BENGKULU

Riri: Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa Harus Menjadi Prioritas

download

Dering24.com Desa adalah salah satu faktor kemajuan Indonesia. Oleh karenanya, desa harus menjadi salah satu prioritas dalam pengembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengungkapkan, perekonomian nasional akan menjadi kuat jika desa menjadi kuat. Menurut Senator Muda ini, pembangunan ekonomi desa harus digalakkan, dan pemerintah harus menjadikan desa sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi secara nasional.

“Pembangunan ekonomi masyarakat Desa harus benar-benar menjadi prioritas. karena, kalau desa kuat, nasional akan juga kuat,” ucap Senator Riri Damayanti kepada media, Kamis (7/11/2019).

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini menjelaskan bahwa salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam membangun perekonomian desa adalah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menurutnya kehadiran BUMDes dapat memperkuat ekonomi di desa. Dimana usaha perekonomian yang dilakukan oleh BUMDes dapat memberikan pendapatan kepada desa yang bisa dimanfaatkan dalam kesejahteraan masyarakat.

“Ini mungkin bisa melibatkan peranan dari swasta dan masyarakat, sehingga akan menjadi entiti perekonomian yang bermanfaat bagi pengembangan daerah. Sebab di Bengkulu, masih banyak daerah yang tertinggal yang perlu dibangun perekonomian yang kuat,” imbuh Senator Riri.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini mengatakan, BUMDes dapat diberdayakan dalam mengelola potensi ekonomi yang dimiliki oleh sebuah desa, baik dari sisi pariwisata, hasil pertanian, ataupun hasil produksi masyarakat desa lainnya. Hanya saja, untuk menyukseskan BUMDes tersebut, harus bekerjasama dengan investor luar untuk mendapatkan investasi.

“Kalau hanya mengandalkan BUMDes, investasinya kecil, jadi harus pakai investor. Tapi harus ada soal landasan hukumnya, karena dana desa dari APBN, dan investor dari swasta. Harus ada landasan hukum yang bisa mengesahkan antara BUMDes dan swasta bisa bersatu, jika tidak BUMDes akan kalah bersaing,” demikian Riri Damayanti.

BUMDes adalah merupakan badan usaha milik desa yang didirikan atas dasar kebutuhan dan potensi desa sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berkenaan dengan perencanaan dan pendiriannya, BUMDes dibangun atas prakarsa dan partisipasi masyarakat.

BUMDes juga merupakan perwujudan partisipasi masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga tidak menciptakan model usaha yang dihegemoni oleh kelompok tertentu ditingkat desa. Artinya, tata aturan ini terwujud dalam mekanisme kelembagaan yang solid. Penguatan kapasitas kelembagaan akan terarah pada adanya tata aturan yang mengikat seluruh anggota. 

(Ads)

Comment here