EDUKASINASIONALPEMPROV

Resmi Dilantik, Senator Riri Optimis Kepolisian Mampu Berantas Korupsi dan Wabah Covid-19

DERING24.COM Bengkulu Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah pangkat bintang empat disematkan kepadanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengucapkan selamat kepada mantan calon tunggal Kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR tersebut.

“Semangat mengemban amanah Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Saya optimis di tangan beliau Kepolisian agar berperan maksimal dalam pengendalian pandemi covid-19 dan pemberantasan korupsi,” kata Riri Damayanti, Kamis (28/1/2021).

Jejak rekam Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang pernah menangani 485 perkara korupsi dan berhasil menyelamatkan uang negara lebih dari Rp310 triliun, Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai itu melanjutkan, menjadi alasan atas optimismenya tersebut.

“Beliau pernah menangkap buronan kasus-kasus besar, menangani ratusan kasus korupsi dan menyelamatkan uang negara lebih Rp300 triliun. Ini jumlah yang besar. Mudah-mudahan semua niat korupsi yang tersimpan dalam dada-dada koruptor berdebar-debar hingga mengurungkan niatnya setelah beliau dilantik,” harap Riri Damayanti.

Perempuan dengan gelar Anak Suku Adat Tiang Empat dari Masyarakat Adat Pematang Tigo ini menjelaskan, meski ditengah tuntutan agar Polri meningkatkan profesionalisme terutama dalam menyelesaikan permasalahan Hak Asasi Manusia (HAM) dan pandemi covid-19, namun harapan dan kepercayaan masyarakat kepada kepolisian saat ini kian membesar.

“Dengan kualitas yang dimilikinya, Jendral Listyo Sigit sama-sama kita support agar bisa menyelesaikan persoalan HAM dan terutama pengendalian wabah covid-19 dengan cara-cara yang profesional dan humanis.

Ditanya mengenai sikap Wakil Ketua Bidang OPK BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu itu mengenai status Kapolri yang non-muslim, ia secara tegas tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Diskusi tentang latar belakang agama seseorang untuk memimpin sudah selesai sejak Pancasila dan Undang-Undang Dasar disahkan. Jangan ditarik lagi ke belakang. Mari fokus dengan berbagai tantangan zaman ke depan berikut cara-cara menyelesaikannya dengan solusi yang baik,” demikian Riri Damayanti.

Data terhimpun, pelantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo didasarkan oleh Keppres Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo memiliki visi prediktif, responbilitas, transpanransi dan keadilan atau disingkat Presisi sebagaimana yang ia paparkan saat menjalani fit and proper test di DPR RI.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri beragama Nasrani ketiga sejak Indonesia merdeka setelah Jenderal Pol Soetjipto Danoekoesoemo yang menjabat periode 1963-1965 dan Jenderal Pol Widodo Budidarmo yang menjabat periode 1984-1978.

Hubungan Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Presiden Jokowi telah terjalin sejak ia bertugas di Solo ketika presiden menjabat Wali Kota. Hubungan keduanya semakin erat setelah Jendral Listyo dipercaya menjadi ajudan presiden. [Ads]

Comment here