DAERAHMuko-Muko

Ratusan Rumah Warga di Mukomuko Terendam Banjir

Banjir Mukomuko

DERING24.COM MUKOMUKO – Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Mukomuko khususnya di Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV koto Kabupaten Mukomuko, mengakibatkan sungai pelokan meluap hingga ke perumahan warga.

Pantauan pewarta media dering24.com dilapangan, melihat ada ratusan rumah warga yang terendam banjir, serta kurang lebih 10 kolam ikan meluap.

Melihat kejadian tersebut, Bupati Sapuan di damping Kapolres, Kodim 0428, Bandan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Mukomuko langsung meninjau lokasi banjir, serta memberikan bantuan sembako kepada korban banjir.

Banjir Mukomuko

Ia juga berpesan agar masyarakat selalu waspada, karena cuaca ekstrim masih akan datang lagi.

“Mayarakat supaya berhati –hati, apalagi yang mempunyai anak kecil, karena air sungai pelokan sangat deras dan dalam,”pungkas Bupati.

Sementara itu, Kepala Desa Rawa Mulya, Paryono menjelaskan kepada Bupati Sapuan, bahwa terjadinya banjir ini bukan hanya hujan yang lebat, akan tetapi dari gorong-gorong yang aliranya kecil dan pintu kelef yang tidak mampu untuk menampung debit air yang datang dari atas.

https://www.instagram.com/p/CUACI95JbKJ/

“Dikarnakan pembuangan air yang seharusnya 10 Kubik air /detik, ini hanya 5 gubik air yang keluar, kami berharap kepada dinas terkait supaya masalah ini cepat diatasi, yang utama itu membesarkan saluran pembuangan dan di buat Box Carvet, dengan ini maka akan mengurangi datangnya banjir apabila di musim penghujan,”kata Paryono.

Paryono juga berharap supaya Pemerintah Daerah bisa membersihkan Drainase, supaya air pembuangan lancar,”tutup kades.

(Mjtr)

Comment here