DAERAHMuko-Muko

Rapat Komisi Irigasi Tahun 2021, Bustari: Perehapan Multisier Akan di Laksanakan Desember Ini

Rapat Komisi Irigasi Tahun 2021

DERING24.COM MUKOMUKO Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko melalui UPTD melakukan rapat komisi irigasi yang di laksanakan di Bapeda Kabupaten Mukomuko Senin kemaren (29/11/21).

Rapat di pimpin oleh Kadis Bapeda sekaligus Ketua komisi irigasi, dan  hadiri oleh Dinas Perikanan P3a, Kapolsek Kota, Camat Lubuk Pinang, Camat XIV,  dinas terkait dan Kelompok Tani.

Kepala OPTD pengairan KP3A, Debiriadi  melalui Staf Ahli pengairan Bustari ST, MT,  menyampaikan, bahwa  komisi irigasi adalah semua sektor utama untuk pertanian, khususnya padi yang ada di kabupaten mukomuko. Maka oleh itu, untuk perehapan total multisier akan di laksanakan pada tahun 2022.

“Kita akan melaksanakan pengeringan pada pertengahan Desember ini sampai pertengahan April, dan yang ke arah BP itu bulan Februari sampai 4 bulan berikutnya,”kata Bustari.

Buastari berharap, untuk di BP supaya di rehap total dari Februari sampai Mei, dan pengeringan di induk BP6 sampai BM 8 itu di pertengahan Februari yang berpengaruh adalah  daerah lubuk Gedang kebawah dan Pdi selamat,”sambungnya.

Untuk BM 6 keatas, lanjut Bustari,  “Kita butuh waktu  sekitar sebulan lebih dengan pengurasan 15 hari, dan Bpi butuh waktu 15 hari untuk pengurasan di ujung April, karena Bpi mengambil air dari Bp 6, maka harapan saya keputusan ini dapat kita sepakati bersama dan patuhi,” ujar Bustari.

WhatsApp Image 2021-11-30 at 06.29.38

Untuk diketahui, pengeringan akan bisa di lakukan apa bila matreal sudah berada di lokasi, minimal 5 hari sebelum jadwal pengeringan.

“Ketika tidak ada matreal, maka tidak ada pengeringan itu kita sepakati. Khususnya di BP 6 kebawah, supaya tidak ada yang menanam padi atau mengelola tanah  karena akan terjadi pengeringan sampai Dusun Baru Pelokan hingga Februari, pihaknya juga akan menyebar luaskan setelah kesepakatan ini di tanda tangani oleh Bupati,”ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Sumarlin yang di utus dari (BWSS) VII mengatakan, dalam rapat komisi irigasi 2021 ini supaya masyarakat mengetahui kapan bisa mengelolah tanah dan perehapan multisier  dana dari APBN, setelah itu akan bisa di laksanakan,” ujar Marlin.

Begitu juga Kepala Dinas BAPEDA Kab Mukomuko, Haryanto mengatakan, akan secepatnya menyampaikan hal ini kepada bupati, dan pihaknya selalu berharap supaya setiap 3 bulan mengadakan pertemuan, di mana supaya dalam pengurusan air ini bisa teratasi dan petani tidak mengeluhkan masalah air.

“Kami ucapkan banyak trimakasih kepada  OPTD P3A,  yang selama ini melakukan pengaturan air untuk para petani dengan baik, dan saya harapa kedepan lebi baik lag,” tutup Haryanto.

Pewarta : Mjtr
Uploader : Adhy Tea
COPYRIGHT © DERING 2021

Comment here