DAERAHEKONOMIMuko-Muko

Poktan Mukomuko Terima Bantuan Benih Bawang Merah

236.bawang-ofdsbkdybw0cmdejxie2haealx2w5quzuy3y189760

Mukomuko, Dering24.com – Sebanyak empat kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini kembali menerima bantuan benih bawang merah 6.600 kilogram dari pemerintah provinsi setempat.

“Bantuan bawang merah tersebut telah disalurkan oleh pemerintah provinsi setempat sebanyak empat kelompok tani di daerah ini,” kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto.

Ia mengatakan bantuan benih bawang merah tersebut untuk lahan pertanian seluas 15 hektare milik empat kelompok tani di daerah itu atau berkurang dibandingkan dengan bantuan serupa pada tahun sebelumnya di lahan pertanian seluas 20 hektare.

Dari bantuan benih bawang merah 6.600 kilogram itu, kata dia, setiap hektare lahan pertanian hanya mendapatkan 440 kilogram, atau menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya 700 kilogram per hektare.

“Kalau idealnya setiap hektare lahan pertanian membutuhkan benih bawang merah sebanyak satu ton, dengan estimasi produksi bawang merah mencapai sekitar 15 ton,” ujar dia.

Ia menyatakan pemerintah memberikan bantuan benih bawang merah guna mendorong kelompok tani di daerah itu untuk swadaya menambah kekurangan benih bawang merah.

Ia menyebutkan seluas 15 hektare tersebut tersebar di empat kecamatan, yakni Air Rami tiga hektare, Teramang Jaya lima hektare, Teras Terunjam empat hektare, dan Kecamatan V Koto tiga hektare.

Ia mengataka, tahun sebelumnya lima kelompok tani di daerah itu selain menerima bantuan benih bawang merah dari pemerintah provinsi setempat juga sarana produksi seperti mulsa dan pupuk.

“Tahun ini kelompok tani di daerah ini tidak mendapatkan saprodi tetapi hanya mendapatkan bantuan benih bawang merah dari pemerintah provinsi setempat,” ujarnya.

(Mc/Hr)

Comment here