DAERAHMuko-Muko

Pindah KWH di Denda Jutaan Rupiah, Pelanggan PLN Tuai Protes

DERING24.COM MUKOMUKO – Pelanggan PLN warga Kecamatan Penarik KJS Desa Mekar Mulya, Edy Caniago pada Senin kemarin (22/02/2021) mengeluh atas denda yang diberikan oleh pihak PLN.

Edy Caniago sebagai petani biasa memprotes atas denda yang diberikan oleh pihak PLN berjumlah Rp 7.600 (Tujuh Juta Enam Ratus Ribu Rupiah). Pasalnya terkiat pemindahan KWH, Ia awam terkait prosedur dari PLN.

Edy menyampaikan bahwa pemindahan KWH tersebut karena rumah kediamanya di pindah tidak jauh dari tempat yang lama. Jaraknya hanya seratus meter dari yang baru, Namun hal tersebut malah membuatnya kena saknsi denda.

“Saya masih awam terkait prosedur PLN, jadi saya kemaren menyuruh teman yang kebatulan bekerja di PLN, untuk memindahkan KWH kerumah yang baru, karena rumah yang lama sudah di bongkar,”ujar Edy.

Namun setelah di pindahkan, satu bulan lebih, datang petugas PLN untuk mengecek KWH nya, selang satu minggu Edy mendapatkan surat panggilan untuk datang ke kantor PLN, sesampai di kantor Edy disuruh untuk membayar denda sebayak Rp 7.600 (tujuh juta enam ratus ribu rupiah) untuk denda pemindahan Kwh.

Saat di konfirmasi ke Kantor PLN yang berada di Kelurahan Bandar Ratu Mukomuko, Menager Iswandi menyampaikan bahwa memang betul ada pelanggaran terkait pemindahan tersebut.

“Secara tim memang sudah turun kelapangan. Namun lokasinya tidak sesuai lagi, karena pemindahan pemasangan baru itu ada peraturan baru dari kementrian SDM pusat, SK 088, Z 2016 ada pelanggaran KWH meter App sudah tidak sesuai data dengan yang terdaftar dari PLN, karena dalam pemasangan kwh ada perjanjian jual listrik dan tidak boleh untuk memindah KWH PLN selain petugas PLN,” ujar Iswandi,

Ia menyebutkan bahwa mengenai yang pemindahan tersebut,  itu petugas PLN, tapi saat melakukan tanpa melaporkan, maka dari pihak PLN akan menindak tegas oknum tersebut, karena denda itu sudah masuk secara sistem otomatis.

“Untuk membayar  bisa melalui online, kasir maupun transfer lewat BANK, itu langsung ke pusat melalui regirtrasi, adapun oknum tersebut kami akan menindak tegas yang memindahkan KWH tersebut, tetapi kami harus berkordinasi sama beliau untuk meluruskan masalah tersebut, “tutup Menager Iswandi. (Mjtr)

Comment here