Peringati Hari Ibu, Bupati RL: “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

Dering24

Dering24

DAERAHRajang Lebong

Peringati Hari Ibu, Bupati RL: “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

DERING24.COM, Rejang Lebong – Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3PPKB) menggelar upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 Tahun 2019. Sabtu, (21/12/19).

Upacara tersebut dilaksanakan di Ruang Pola Pemda Rejang Lebong dengan tema”Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya Bupati Rejang Lebong, DR. H. Ahmad Hijazi, SH. M.Si, menyampaikan bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Perempuan saat ini harus menjadi inspirasi perempuan lainnya dengan menularkan hal-hal baik serta tidak meninggalkan perannya sebagai Ibu, ibu sebagai tempat pendidikan anak-anaknya.

“Antara perempuan dan laki-laki harus seimbang, perempuan saat ini harus pandai memilih atas pengaruh lingkungan. Perempuan juga harus pintar membuat gambaran, agar perempuan atau ibu-ibu bisa fokus mendidik anak dalam rumah dengan baik,”ujar Bupati.

Hari Ibu tahun 2019 adalah Peringatan Hari Ibu yang ke 91 kalinya. Sudah 91 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia pertama pada tanggal 22 – 25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Salah satu keputusan Kongres Perempuan Indonesia tersebut adalah membentuk organisasi PPPI yang kepanjangannya adalah Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia. Hari Ibu ditetapkan pertama kali oleh Presiden Sukarno pada tanggal 16 Desember 1959 di Jakarta dengan Kepres Nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan hari libur.

Perjuangan perempuan agar bebas dari segala bentuk tindak kekerasan, diwujudkan dalam bentuk kesetaraan dan keadilan dalam segenap aspek kehidupan. Hal ini perlu diupayakan setiap waktu. Kelanjutan perjuangan persatuan kaum perempuan Indonesia selalu diperingati pada setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Kegiatan yang bertema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” menjadi penyemangat bahwa Kaum perempuan Indonesia tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, namun juga ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi disegenap aspek pembangunan nasional.

“Peran politik berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,”ujar Bupati.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Rejang Lebong, Dandim 0409 Rejang Lebong, Ketua TP PKK Rejang Lebong, FKPD, OPD, Camat, PKK, GOW, Persit Kartika Candra Kirana Rejang Lebong, Bhayangkari Rejang Lebong, veteran dan anggota organisasi perempuan di Kabupaten Rejang Lebong. 

(Mc/Bd)

Comment here