DAERAHMuko-Muko

Pemkab Mukomuko Laksanakan Vaksinasi Perdana

DERING24.COM MUKOMUKO – Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah memliki harapan yang besar akan berakhirnya pandemi COVID-19 yang telah menguncangkan dunia ini.

Berbagai upaya juga telah dilakukan dalam pencegahan dan penanganan covid 19, dari mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru dari 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) sampai pengadaan vaksin yang efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Di Kabupaten Mukomuko senin kemarin pemerintah serta masyarakat mengadakan vaksinasi perdana kepada sejumlah pejabat daerah, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Vaksinasi tersebut untuk menekan lajunya penularan COVID-19.

Pemkab Mukomuko Laksanakan Vaksinasi Perdana

Dan vaksin tersebut sudah aman dan sudah melalui serangkaian uji klinis halal dan sudah mendapatkan ijin BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Namun tidak semua orang bisa di berikan vaksin.

Dalam wawancaranya, dokter Osar Pane mengatakan, bahwa  tidak semua orang bisa di beri vaksin tersebut apabila orang tersebut memiliki gejala yakni, Terkonfirmasi COVID 19, Ibu hamil dan menyusui, mengalami gejala ISPA, anggota keluarga serumah yang kontak erat dengan suspek konfirmasi COVID 19, punya riwayat alergi, sedang terapi terhadap penyakit kelainan darah, mengidap penyakit jantung, mengidap penyakit ginjal, mengidap penyakit rematik autoimun, mengidap penyakit pencernaan kronis, mengidap penyakit hipertiroid, mengidap kanker, mengidap diabetes, menidap HIV dan mengidap penyakit auto imun.

“Oleh sebab itu seseorang yang hendak di vaksin harus melalui serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu,”jelas Osar Pane.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Desi Maryani menyampaikan, bahwa penerima vaksin harus di periksa dahulu sebelum di berikan vaksin.

“Kemarin sudah di lakukan skrining awal, sekarang skrining lanjutan, dimana skrining lanjutan lebih spesifik lagi untuk melihat kesehatan atau daya tubuh seseorang. Apabila seseorang ada salah satu syarat atau lebih yang tidak boleh di berikan vaksin, maka peberian ditunda dahulu sampai layak di vaksin”,tuturnya.

Pada pemberian vaksin perdana ini, hadir juga Bupati Chairul Huda, beliau menyampaikan harapannya untuk masyarakat Mukomuko bisa di vaksin semua.

“Tentunya dengan prosedur dan pertimbangn medis,”jelasnya.

Beliau juga mengapresiasi kepada Satgas Covid-19, petugas medis, dinas kesehatan dan jajaranya yang telah sungguh-sungguh berupaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Saya berterimakasih kepada Satgas Covid-19 dan pendukung yang ada di seluruh jajarannya dinas terkait, semoga covid ini cepat berakhir, Aminn,”harap Bupati Choirul Huda.

Adapun pemberian Vaksin tersebut yang di hadiri Bupati dan Wakilnya, Sekda, Kapolres, Kodim 0428, Kajari, Pengadilan Negri, Ketua DPRD dan seluruh jajaran FKPD yang ada di Kabupaten Mukomuko. (Mjtr)

Comment here