DAERAHHUKUM KRIMINALNASIONALPERISTIWA

Pemerintah Komitmen Lakukan Penegakan Hukum Karhutla

pemerintah-komitmen-lakukan-penegakan-hukum-karhutla-secara-serius

Pekanbaru, Dering24.com – Pemerintah berkomitmen untuk melakukan penegakan hukum kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau secara serius.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rasio Ridho Sani, saat konferensi pers penegakan hukum karhutla di Polda Riau, Ahad (13/10/2019).

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah tengah melakukan langkah terhadap upaya penegakan hukum terkait karhutla di Riau. Pelaku pembakar hutan dan lahan akan diberikan efek jera untuk tidak mengulangi kejahatan tersebut. “Penegakan hukum secara serius akan kita jalankan sehingga memberikan efek jera bagi para pelaku karhutla,” ungkap dia.

Rasio Ridho juga mengatakan, pemerintah melakukan kerja sama dalam penyidikan karhutla yang melibatkan Bareskrim, Kejaksaan Tinggi Riau, Kejaksaan Agung, para ahli lingkungan serta elemen-elemen yang berkaitan lainnya.

“Karhutla ini kasus yang sangat besar selain membahayakan kesehatan juga berdampak pada ekonomi dan kerusakan ekosistem keanekaragaman hayati. Jadi ini penegakan hukumnya harus optimal,” ujarnya.

Rasio Ridho Sani menambahkan, berbagai Undang-undang (UU) akan dikenakan untuk menjerat para pelaku pembakar hutan dan lahan sehingga akan membuat pelaku merasakan hukuman yang setimpal dengan kejahatan yang telah diperbuat.

“Ada UU perkebunan, kehutanan, dan UU lainnya. Tentu saja ini untuk memberikan efek jera bagi para pelaku dan kasus yang sama tidak lagi terulang,” ujarnya.

(Mc.Ip)

Comment here