ADVERTORIALDAERAHEKONOMILebong

Pemdes Kota Baru Melalui Bumdes Mentari Uram Gagas Program Baru Tanam Padi

Ubah Kebiasaan Lama, Permdes Kota Baru Bersama Bumdes Gagas Program Baru

DERING24.COM LEBONG – Masyarakat Kabupaten Lebong yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani sawah, biasanya  menanam satu kali dalam satu tahun, namun pada hari ini, Rabu (23/6/2021) Pemerintah Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya Kabupaten Lebong melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mentari Uram akan merubah kebiasaan tersebut dengan menanam padi dua kali dalam setahun.

Saat ditemui dilapangan,  Kepala Desa Kota Baru, Abdullah atau biasa dipanggil (Om) mengatakan, beliau sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten lebong yang telah membantu program Bumdes Mentari Uram Desa Kota Baru.

Ubah Kebiasaan Lama, Permdes Kota Baru Bersama Bumdes Gagas Program Baru

“Melalui (Bumdes), kegiatan tanam padi dua kali setahun di desa kota baru adalah awal percobaan, Bumdes Mentari Uram desa kota baru akan mencoba menanam di lahan sawah seluas 50 ha. Lahan seluas 50 ha ini akan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain di kabupaten lebong ini, bahwasannya di Kabupaten Lebong bisa tanam padi dua (2) kali dalam setahun,”ujar Kades Abdullah.

Kades juga menyampaikan, bahwa selama ini di kabupaten lebong biasanya sehabis panen seluruh sawah menjadi lahan tidur yang tidak bermanfaat, tidak menghasilkan, masyarakat takut dengan hama tikus yang konon katanya apabila  turun bersawah dua kali dalam setahun tidak akan menghasilkan padi.

Melihat banyaknya lahan tidak bermanfaat atau tidak menghasilkan tersebut, pemerintah desa bersama dengan (Bumdes) Mentari Uram bergerak untuk tanam dua (2) kali dalam satu tahun, demi mencapai visi misi bupati lebong bahagia dan sejahtera.

Ubah Kebiasaan Lama, Permdes Kota Baru Bersama Bumdes Gagas Program Baru

“Jangan takut, takut itu adalah pesan yang maha kuasa kepada kita untuk kita membenarkan diri,”sebutnya.

Semenatra Bupati Lebong, Kopli Ansori mengharapkan akan kembalinya marwah kabupaten lebong sebagai lumbung padi, untuk mengembalikan marwah tersebut tentu adanya dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah desa.

“Mari kembalikan marwah di kabupaten kita ini sebangai lumbung padi, saya mengajak pemerintah desa dan masyarakat untuk bekerjasama membangun kabupaten lebong sebagai kabupaten yang bahagia dan sejahtera,”pesan Bupati.

Diketahui, dalam acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansyori, Wakil Bupati Lebong Fahrozi, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen, Bank Bengkulu, Asisten Dua, Dinas Pertanian Bidang Tanam Pangan, Camat se-Kabupaten Lebong, Kepala Desa se-Kecamatan Uram Jaya.

Pewarta :Indra(ADV)
Uploader : Admin Bengkulu
COPYRIGHT © DERING 2021

Comment here