DAERAHMuko-Muko

Pemda MUkomuko Ringankan Pajak pelaku UKM

Pemda MUkomuko Ringankan Pajak pelaku UKM

DERING24.COM  MUKOMUKO –  Pemda Kabupaten Mukomuko melakukan Dispensasi pajak sebesar 2 persen untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mulai September 2021.

Kebijakan dispensasi pajak sebesar 2 persen ini berlaku untuk pelaku usaha jasa penginapan dan rumah makan.

Adanya keluhan para pelaku usaha yang mengaku terjadi penurunan omzet yang drastis sejak adanya virus Covid-19, Ini disampaikan saat dilakukan pertemuan bersama Bupati Mukomuko beberapa waktu yang lalu. Selain itu, kebijakan ini berdasarkan Perda 13 Tahun 2011.

“Awalnya tarif sebesar 10% dan sekarang menjadi 8 persen artinya ada pengurangan tarif sebesar 2 persen,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mukomuko, Agus Sumarman melalui Sekretarisnya, Kasimin Senin (13/09 /2021).

“Menurutnya, rendahnya jumlah pengunjung dan pelanggan di dua sektor usaha ini berimbas pada penerimaan pendapatan Daerah,

“Seharusnya mereka bayar berupa pajak ke kas Daerah, namun adanya keluhan tentang turunnya omzet mereka (pelaku usaha.), maka kebijakan tersebut disepakati, “jelasnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko sendiri telah menyusun skema untuk menutupi kekurangan akibat adanya dispensasi ini.

“Khusus belanja makan minum kegiatan pada masing masing Perangkat Daerah tetap dikenakan tarif 10 persen. Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menginap di penginapan diberlakukan tarif pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku,” katanya.

Untuk menerapkan kepatuhan pajak makan minum Perangkat Daerah, bendahara di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib melampirkan bukti lunas pajak.

“Lampiran lunas pajak ini merupakan bagian dari kelengkapan SPJ. Ini berlaku mulai bulan September tahun ini.” tutup Kasimin.

Pewarta :Mjtr(ADV)
Uploader : Admin Bengkulu
COPYRIGHT © DERING 2021

Comment here