DAERAHEDUKASIEKONOMI

Paket Pangan Ramadhan Tepian Negeri Sampai di Desa Billa NTT

Dering24.com – Desa Billa, sebuah desa yang berada dalam wilayah administrasi Amanuban Timur, Timor Tengah Selatan, NTT, merupakan salah satu wilayah di tepian negeri yang tahun lalu menjadi salah satu wilayah distribusi Paket Pangan Ramadhan.

Topografi Desa Billa yang merupakan pegunungan kapur dengan kandungan tanah yang terbatas, membuat aktivitas pertanian tidak cukup banyak berkembang. Penduduk memang banyak menanam sayuran, umbi-umbian, jagung dan padi, tapi hasilnya hanya untuk dinikmati sendiri. Jarang sekali hasil bumi Billa menjadi komoditas perdagangan. Warga Muslim di sana termasuk kategori pra-sejahtera. Jadi, bisa dibayangkan sendiri kesulitan mereka menjalankan hari demi hari di bulan Ramadhan.
Penduduk Desa Billa sebagian merupakan muallaf Muslim sejak tahun 1970-an. Awal Islam masuk dan berkembang di Desa Billa sejak Umar Opo Nitiono, seorang panglima yang menguasai wilayah Amanuban Timur, masuk Islam. Tiap desa di Kecamatan Amanuban Timur memiliki masjid, namun sentral masjid yang ramai hanya di beberapa desa saja, salah satunya adalah Masjid Al-Ikhlas yang rutin menjadi tempat ibadah, pendidikan Alquran bagi anak-anak, dan berbagai aktivitas Islami lainnya.
Insya Allah, Ramadhan tahun ini, kita akan kembali singgah ke tepian negeri untuk menyalurkan Paket Ramadhan agar semakin menyemangati mereka untuk memaksimalkan ibadahnya.

Comment here

placeholder="Your Comment">