DAERAHEDUKASIMuko-MukoPROVINSI BENGKULU

Mukomuko Juara Umum MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Bengkulu

208.mtqlg_-of5tcy4buw66lt7chjl87omzwpdtxq0rv4shwzkebs

Mukomuko, Dering24.com – Usai sudah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-34 tingkat Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan di Kabupaten Mukomuko pada tanggal 7 – 12 Oktober 2019, dan telah ditutup secara resmi pada Sabtu malam (12/10/2019).

Dari hasil perlombaan dari 9 cabang dan beberapa golongan ini, Qori – Qoriah dari Kafilah Mukomuko berhasil menyabet 15 emas sekaligus menghantarkan Mukomuko menjadi Juara Umum pada MTQ ke-34 tingkat Provinsi Bengkulu ini.

Adapun total perolehan mendali Kafilah Mukomuko sebanyak 37 mendali, 15 mendali emas, 12 mendali perak dan 10 mendali perunggu. Dengan perolehan tersebut, Mukomuko berpeluang menjadi daerah yang paling banyak mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Training Center (TC) guna menjaring Qori -Qoriah yang akan mewakili Provinsi Bengkulu ke MTQ tingkat Nasional.

Dijelaskan Kabag Kesra Setdakab Mukomuko, Sudirman, S.Sos. peraih mendali emas tidak secara otomatis akan menjadi wakil Provinsi Bengkulu pada MTQ tingkat Nasional mendatang. Pemerintah Provinsi masih akan melakukan penjaringan dengan melaksanakan TC yang akan diikuti oleh peraih juara 1 dan juara 2 hasil MTQ ke-34 tingkat Provinsi Bengkulu yang baru saja usai dilaksanakan.

“Yang mendapat mendali emas tidak secara otomatis jadi wakil Provinsi Bengkulu ke MTQ tingkat Nasional, mereka masih harus melewati TC bersama juara 2. Yang melaksanakan TC nanti pihak Pemprov. Memang kalau melihat hasil MTQ ke-34 ini, Mukomuko akan mengirim perwakilan paling banyak pada TC nanti, sebanyak 27 orang, 15 dari juara 1 dan 12 dari juara 2,” terang Sudirman ketika dikonfirmasi pada hari Minggu (13/10/2019).

Dibawah Mukomuko, perolehan mendali dengan total poin terbanyak diraih Kafilah Kota Bengkulu dengan perolehan 11 emas, 9 perak dan 5 perunggu. Berikutnya disusul Kabupaten Bengkulu Utara dengan perolehan mendali, 4 emas, 10 perak dan 4 perunggu. Selanjutnya disusul Kabupaten Kaur dengan meraih 6 emas, 5 perak dan 3 perunggu. Dan daerah ke lima yang meraih poin terbanyak yakni Bengkulu Selatan yang mendapat 5 emas, 4 perak dan 8 perunggu.

Penutupan MTQ di Kabupaten Mukomuko ini dilaksanakan pada Sabu malam (12/10) yang dimeriahkan penampilan Ustad Solmed dan The Sulthan Gambus. Pada penutupan kemarin diumumkan juga tuan rumah MTQ berikutnya atau yang ke-35 tingkat Provinsi Bengkulu yakni Kabupaten paling selatan Bengkulu, Kabupaten Kaur.

Acara penutupan MTQ ini berlangsung meriah, ribuan masyarakat padati arena utama MTQ di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Mukomuko. Turut Hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan mewakili Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah. Hadir pula Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH., Wakil Bupati Mukomuko Haidir, S.IP., Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan, sejumlah pimpinan FKPD Mukomuko dan para pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupate Mukomuko.

(Hr)

Comment here