DAERAHMuko-Muko

Minim Anggaran, Camat Air Dikit Minta Setiap Desa Usulkan Satu Kegiatan Melalui APBD atau DAK

DERING24.COM MUKOMUKO – Pemerintah Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Selasa (09/02/2021) melakukan Musrenbangcam TA 2022 bertempat di Desa Air Kase.

Kegiatan Musrenbangcam di hadiri langsung Babinsa Babinkabtifmas, 7 kepala desa serta perangkatnya dan BPD sekecamatan Air Dikit.

Dalam rapat, Camat Air Dikit, Syafriadi menyampaikan bahwa untuk TA 2022 dimasing-masing desa Kecamatan Air Dikit harus mendapatkan satu kegiatan dari dana APBD maupun DAK.

” Mengingat anggaran minim, saya berharap betul TA 2022 ini masing-masing desa harus berusaha mendapatkan satu kegiatan melalui dana APBD maupun dana DAK,”harap Camat.

Sementara itu, dikatakan PJ Kepala Desa Air Kase, Eko menyampaikan sangat senang hati dengan Musrenbangcam ini, Ia menilai bahwa kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian Camat terhadap anaknya (Pemdes).

“Sebagai usulan, itu atas persetujuan BPD jadi musrenbangdes, jadi desa mengusulkan untuk keterwakilan lewat BPD. Karena dia sebagai wakil masyarakat untuk menentukan arah kebijakan bangunan di desa ,”ujarnya.

Eko juga menjelaskan, bahwa kepala desa atau perangkat desa hanya bisa mengesahkan anggaran yang pagu dan terkafer anggaran dana desa melalui APBDes, di mana yang tidak bisa baru melalui musrenbangcam APBD Kabupaten untuk TA 2022.

“Yang di usulkan itu kondisi pagar untuk SMP Negeri 14 sepanjang 300 meter, karena itu ranahnya Dinas Pendidikan, jadi tidak terkaper oleh APBDes, selanjutnya Kantor Danramel yang berwilayah di Air Kase itu ranahnya di PUPR tidak bisa tekaper oleh dana desa, biarpun volumenya hanya 50 meter tetap tidak bisa, itu di luar kepentingan APBDes,”terangnya.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini anggaran APBDesa tahun 2021 terserap hampir 50 persen untuk BLTD satu tahun, selebihnya untuk operasional desa, Satgas Covid-19, dan tunjangan BPD.

“Ini belum untuk tambah modal Bumdes juga karena itu di wajibkan dan disitulah anggaran terserap untuk tahun ini, dan juga ada pemilihan BPD dan di pertengahan bulan Juni nanti ada pilihan kepala desa juga,”tutup PJ Kades Eko. (Mjtr)

Comment here