EKONOMIFinanceNASIONALNews

Mensos Siapkan Tiga Jenis Bantuan untuk Ringankan Beban Masyarakat

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini

DERING24.COM JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, mengatakan pihaknya akan menyiapkan tiga jenis bantuan, yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST)

Program itu bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi. 

Hal tersebut disampaikan Mensos melalui You Tube usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu (17/3/2021).

Mensos menargetkan untuk memberikan BPNT kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan masing-masing 10 juta KPM untuk PKH dan BST.

Mensos menuturkan hingga saat ini, data hasil evaluasi dan sinkronisasi yang sebelumnya telah dikerjakan masih belum memenuhi jumlah target penyaluran.

Ia menyebutkan masih ada sejumlah daerah yang belum 100 persen memadankan data dengan data kependudukan.

“Beberapa bulan kemarin, kami telah melakukan perbaikan dan evaluasi data dengan daerah dan kami lakukan evaluasi juga dengan bank penyalur maupun PT Pos,” katanya.

Di sisi lain, Mensos mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah (Pemda) dalam untuk  sinkronisasi dan pembaruan data yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk bantuan sosial, Mensos menargetkan untuk bulan Maret 2021 ini dapat dicairkan pada minggu keempat di bulan yang sama.

“Target untuk bulan April kami akan serahkan pada bulan Maret juga sehingga masyarakat bisa melakukan pembelanjaan sesegera mungkin,” katanya. (IP)

Comment here