NASIONAL

Mendagri Harapkan Semua Pihak Dukung Pembatasan Kegiatan

DERING24.COM JAKARTA – Semua pihak diharapkan mendukung pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Upaya tersebut bertujuan untuk  memutus rantai penularan COVID-19.

Hal itu disampaikan Mendagri M.Tito Karnavian dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/1/2021)

“Ini pertama kali kita serentak. Jadi, mohon dukungan dari semua daerah. Jangan sampai nanti ada daerah yang tidak melaksanakan,” kata  Tito.

Menurut Tito, pembatasan kegiatan hanya akan dilakukan selama dua minggu.

Selain itu, ia mengimbau  beberapa daerah di Jawa dan Bali menerapkan pembatasan dengan konsisten dan serentak.

“Satu saja yang tidak melaksanakan atau kendor itu akan mengakibatkan terjadinya efek pingpong, tidak berhasil,” ujarnya.

“Dia akan pimpong ke daerah nanti yang berhasil menurunkan. Oleh karena itu, mari sama-sama konsisten,” kata Tito Karnavian

Ia juga meminta agar pemerintah daerah melakukan koordinasi secara intensif dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Satgas Penanganan COVID-19.

Hal itu guna membuat para pemangku kepentingan juga memahami tentang aturan-aturan mengenai pembatasan kegiatan kali ini sebelum ada upaya penegakan dari pihak keamanan.

Selain itu, Tito juga mengimbau pemerintah daerah untuk aktif melakukan evaluasi penerapan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Tito  mengimbau pemerintah daerah (Pemda), agar melakukan testing secara agresif dalam penanganan virus Corona (COVID-19).

 Tujuannya untuk memastikan jumlah kasus positif di masing-masing daerah.

“Kami melihat dan menekankan perlunya agresif testing untuk mendapatkan data yang sebenarnya, yang positif. Jadi kita memerlukan data real. Untuk itu perlu kegiatan screening,” kata Tito.

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hanya diprioritaskan di beberapa kabupaten/kota di Pulau Bali dan Jawa. 

Istilah PPKM digunakan karena  kebijakan itu tidak diterapkan di seluruh daerah.

Menurut Tito, wilayah yang diprioritaskan menerapkan PPKM telah disebutkan dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

PPKM hanya akan dilakukan di sejumlah wilayah di tujuh provinsi mulai 11- 25 Januari 2021. (IP)

Comment here