DAERAHMuko-Muko

Masyarakat Sumber Makmur Minta Pemerintah Tutup Galian C di Kecamatan Lupi

WhatsApp Image 2021-11-20 at 09.42.16

DERING24.COM MUKOMUKO  – Kurang lebih 5 tahun masyarakat Desa Sumber Makmur  Kabupaten Mukomuko mengeluh lahan miliknya tergerus longsor di tepi sungai  air manjunto, tergerus dan longsor  ini akibat adanya galian C di Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko.

Salah satu warga Desa Sumber Makmur,  Midun mengatakan bahwa lahan milikinya longsor selama ada penambang pasir di desa tetangga, dan Ia pun  berharap kepada pemda supaya menutup penambang pasir yang ada di kecamatan lubuk pinang, karena selama 5 tahun ini lahan kurang lebih 5 hektar  sudah roboh ke sungai air manjunto.

“Kurang lebih 5 hektar yang sudah roboh ke sungai ini mas, saya sangat berharap kepada pemerintah agar menutup ini,”pintanya.

Midun juga menjelaskan ke media dering24.com, sebelum ada penambang pasir di desa tetangga, sungai air manjuto dari tepi itu landai , tetapi selama ada penambang pasir di desa tetangga sekarang sudah jadi jurang yang mengerikan,” kata Midun.

“Memang pasir sangat di butuhkan oleh pemerintah, tetapi jangan mengorbankan rakyat kecil yang mempunyai lahan di tepi sungai air manjunto.” Sebutnya.

Ia berharap Pemda mengaji ulang soal izin galian C khususnya yang ada di kecamatan Lubuk pinang, “Selama ini tambang pasir masih ilegal, tapi seolah olah pemerintah Daerah  membiarkan dan membebaskan penambang liar demi kepentingan pribadi dan tidak memikirkan dampak dari galian C,”sambung Midun.

Di tempat yang berbeda kami pun menemui salah satu seorang penambang pasir , Ia menjelaskan bahwa sepanjang aliran sungai air manjunto itu milik warga desanya.

“Sepanjang aliran sungai air manjunto ini milik warga desa, apa lagi tanah yang saya buat usaha ini milik mertua,” tutup Js. [Mjtr]

Comment here

placeholder="Your Comment">