EKONOMINASIONAL

Masa Pandemi, Menteri Erick Sebut Tiga Fokus Utama BUMN

Menteri Erick

DERING24.COM JAKARTA – Pada masa pandemi saat ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan BUMN memiliki tiga fokus utama.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kementerian yang dipimpinnya tak sekadar menjaga BUMN dari sisi korporasi, melainkan juga tugas melayani kebutuhan masyarakat.

“Ada tiga hal yang akan difokuskan di Kementerian BUMN, pertama, menjalanan tugas dari Kemenkes yakni pengadaan vaksin dan vaksinasi,” ujar Menteri Erick di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Menteri Erik menambahkan tugas kedua Kementerian BUMN dan holding BUMN farmasi adalah bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam penemuan vaksin merah putih. Dalam hal ini, PT Bio Farma (Persero) diklaim sudah bekerja sama dengan tujuh institusi seperti Lembaga Eijkmann dan enam universitas. 

“Alhamdulilah dari penjajakan ada tanda-tanda penemuan di akhir tahun ini sehingga kalau seed (bibit vaksin) sudah diterima Bio Farma kuartal I 2022 kita uji klinis,” tutur dia.

Uji klinis yang terakhir bisa dilakukan pada kuartal III 2022. Sehingga pada kuartal IV 2022, Indonesia sudah mempunyai vaksin merah putih sendiri.

Menurut Erick Kementerian BUMN juga berusaha mendorong kerja sama dengan banyak institusi yang ada di Indonesia terkait peningkatan penerapan 3M 3T.

“Kami mendukung kegiatan yang sedang berlangsung sekarang, PPKM mikro dengan dua hal, pertama, Bulog bekerja sama dengan Kapolri dengan TNI untuk membantu mendistribusikan beras yang dibutuhkan pada saat PPKM mikro,” katanya.

Selain itu, Kementerian BUMN  juga mendukung pengadaan masker secara gratis kepada Kemendagri, Polri, dan TNI. “Ini bagian sumbangsih yang kita sudah lakukan dan InsyaAllah terlepas dari penugasan korporasi tentu tugas yang terpenting layani masyarakat menjadi terdepan untuk Kementerian BUMN dan BUMN,” kata Erick menambahkan. (IP)

Comment here

placeholder="Your Comment">