DAERAHMuko-Muko

Mainkan Anggaran DD, Inspektorat MM Sebut Kades Siap-siap Berurusan Hukum

DERING24.COM Mukomuko – Terkait polemik pelaksanaan kegiatan infrastruktur pembangunan desa, Dinas Inspektorat Kabupaten Mukomuko menegur agar kepala desa menjalankan mekanisme kerja dengan baik.

“Polemik ini terjadi karena masalah cemburu sosial dalam pelaksanaan pembangunan desa, sedangkan anggaran dari Dana Desa (DD) itu sama, tergantung pelaksanan pekerjaan di desa tersebut. Dan untuk PTK Desa itu juga jangan hanya sebagai pelengkap saja, di dalam semua kegiatan desa yang mengendalikan adalah kepala Desa, sehingga dalam warning tersebut PTK juga saat di tanya harus bisa menjawab, Jangan sampai tidak tau, jika yang menjawab Kepala Desa semua itu sudah tidak benar, beri kesempatan PTK sampai di mana kemampuan PTK tersebut ,”tegas Sukiman.

Sukiman juga menghimbau, agar sistem kinerja pemerintahan desa harus semua terlibat. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Apa bila di tahun ini sebagian desa masih menjalankan mekanisnya seperti itu, siap-siap Kepala Desanya berurusan dengan Hukum dan tidak ada ampun lagi untuk oknum kades tersebut,”cetusnya.

Sukiman menjelaskan bahwa dana desa itu milyaran nilainya, tapi jangan di kuasai semua oleh kades.

“Dengan adanya pemberitauan ini, maka kepala desa harus tau aturan di bidang masing-masing, kepala desa menjalakan apa tugasnya, sekertaris manjalankan apa sebagai tugasnya, bendara apa yang sudah belanjan tinggal dilanjutkan, bendahara tugasnya membayar. Maka apa bila tersebut di terapkan, desa tidak akan jadi polemik,”tutup Sukiman. (Mjtr)

Comment here