Kominfo Bangun Narasi Positif Covid-19 Lewat Dua Kanal Ini

Dering24

Dering24

EDUKASILIFESTYLENASIONAL

Kominfo Bangun Narasi Positif Covid-19 Lewat Dua Kanal Ini

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

DERING24.COM, Jakarta − Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun narasi positif dari dua kanal komunikasi yakni media sosial (medsos) dan tatap muka dalam mengantisipasi dampak negatif penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Widodo Muktiyo menjelaskan, telah menggandeng seluruh pemilik platform medsos untuk bersama menghadapi dampak negatif dari Covid-19.

Seluruh medsos tersebut akan memberikan informasi positif dalam penanganan Covid-19 yang telah dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah.

“Sudah mengundang semua pemilik platform misalkan Facebook, Twitter, YouTube untuk kita bersama-sama ayo kita memberikan pengetahuan yang baik pada masyarakat,” kata Widodo Muktiyo di Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Mekanismenya, kata Widodo, setiap informasi positif yang disebarkan akan muncul di muka halaman setiap pengguna medsos diatas. Sehingga masyarakat yang telah mengakses medsos tersebut dapat mengetahui informasi yang benar terkait dengan Covid-19.

“Melalui gadget yang di miliki, dia bisa dijangkau dengan informasi yang benar. Ini bagian dari pendekatan dengan medsos,” katanya.

Selanjutnya, dengan tatap muka bersama komunitas-komunitas yang rawan terkena dengan isu Covid-19. Melalui kegiatan diskusi maupun telekonferensi dengan para anggota akan mampu membuat setiap informasi yang benar terkait Covid-19 dapat tersampaikan.

Proses tatap muka, kata dia, diperlukan untuk dilakukan bagi masyarakat yang kurang mampu menggunakan teknologi. Kemudian, bagi masyarakat yang sulit mengakses telekomunikasi digital di berbagai tempat di dalam negeri.

“Glontoran informasi-informasi dari berbagai kanal baik di media sosial dan tatap muka ini yang bersama-sama sedang dilakukan oleh Kominfo,” imbuhnya.

(Ip)

Comment here