Ketua Koordinator LIPUTAN BU Imbau LSM Harus Ubah Pradigma Di Tengah Masyarakat

Dering24

Dering24

DAERAHBengkulu Utara

Ketua Koordinator LIPUTAN BU Imbau LSM Harus Ubah Pradigma Di Tengah Masyarakat

Ketua Koordinator LIPUTAN BU Imbau LSM Harus Ubah Pradigma Di Tengah Masyarakat 1

DERING24.COM BENGKULU UTARA –  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan wadah aspirasi masyarakat dan tufoksinya lebih berperan di lingkungan masyarakat luas.  Lembaga itu bukan sebagai bahan tameng pribadi atau kelompok untuk menebarkan arogansi sikap tak terpuji dan tanpa manfaat.

Hal itu di sampaikan Suradi selaku ketua koordinator daerah Lembaga Informasi Publik untuk Transparansi dan Advokasi Negara (LIPUTAN) Kabupaten Bengkulu Utara saat duduk bersama Hirwan sekretaris dan tim lain nya di Alun-Alun Rajo Malim Paduko Kota Arga Makmur, Senin [01/06/2020].

Masih Suradi dan juga wakil ketua III gabungan LSM sekabupaten (ALIANSI LSM BU) Bengkulu Utara, banyaknya LSM di wilaya kabupaten bengkulu utara ini di harapkan dalam kipranya. Tugasnya lebih kepada bagaimana bermanfaat bagi khalayak masyarakat luas, artinya, jangan ada kesan lembaga swadaya masyarakat (LSM) sikap dan langkanya menjadi mimik jelek di mata masyarakat. Tetapi orang lembaga itu harus bisa mengayomi dan menunjukan hal positif dan sebisa mungkin membantu apapun keluhan masyarakat,”teranganya.

“Mari untuk kawan-kawan lembaga informasi publik untuk transparansi dan advokasi negara (LIPUTAN) yang ada di wilayah kabupaten bengkulu utara. Kita rubah  paradigma kelembagaan kita ini menjadi sebuah wadah aspirasi masyarakat, tumbukan jiwa sosial yang baik dan sikap kita berguna bagi kemanfaatan masyarakat luas,”harap Suardi.

Lanjut menurut Suradi, buang sikap premanisme dan arogansi kelembagaan, karena kita bergaul dan berbaur di lingkungan masyarakat itu bukan untuk gagah-gagahan ataupun ingin di takuti oleh masyarakatakan, tetapi kita berikan dan tunjukan sikap dan langka yang baik dan terpuji untuk bersama-sama saling membantu ke inginan warga masyarakat yang membutuhkan,”ujarnya.

Ketua Koordinator LIPUTAN BU Imbau LSM Harus Ubah Pradigma Di Tengah Masyarakat 2

Ia juga menyarakan, agar selalu melakuakan hal positif, karena itu bisa kita aplikasikan di antaranya, jika ada aspirasi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan hal itu harus di ketahui pihak pemerintah. hal positif lainnya, tentu karena kita hidup ada di lingkunganmasyarakat, maka kita harus mampu memberkan solosipositif untukkemajuan dan perkembangan sebuah wilayah.

Adapun tujuan VISI dan MISI lembaga informasi publik untuk tran sparansi dan advokasi negara (LIPUTAN) :

Di bidang informasi :

  1. Berperan aktif untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik,program kebijakan publik,dan proses pengambilan keputusan publik,serta alasan pengambilan suatu keputusan publik
  2. Berperan aktif mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.
  3. Berperan aktifmeningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.
  4. Berperan aktif mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik,yang transparan,efektif dan efisien,akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan.
  1. Berperan aktif mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.
  2. Berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan,wawasan kebangsaan guna mencerdaskan ke hidupan berbangsa.

Di bidang advokasi :

  1. Berperan aktif melakukan penguatan pengamalan pancasila dan bela negara serta produk-produk hukum negara lain nya.
  2. Berperan aktif melakukan Advokasi anggaran dan kebijakan publik.
  3. Berperan aktif mementau,mengawasi dan melaporkan tindak pidana korupsi.
  4. Betperan aktif dalam partisipasi,pemberdayaan dan ke mitraan dalam membangun daerah.
  5. Berperan aktif membela hak-hak masyarakat/publik yang di jamin undang-undang.

 

Di bidang kelembagaan :

 

  1. Melakukan upaya penguatan wawasan kebangsaan,keilmuan pengetahuan umum/Khusus kepada anggota organisasi LIPUTAN.
  2. Memperjuangkan hak-hak anggota Organisasi LIPUTAN sesuai ketentuan undang-undang di NKRI.
  3. Melakukan upaya penguatan kompotensi anggota Organisasi LIPUTAN di berbagai bidang ke hidupan.
  4. Melakukan kegiatan amal usaha yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di NKRI.

Terakhir SURADI menambahkan,mari kita jalankan kinerja sesuai tupoksi dan AD/ART LSM LIPUTAN sehingga,langka dan kontrol sosial kita terarah dan professional,”tutup nya.

[Rama]

Comment here