Kepsek SMP Negeri 06 Lebong Ubah Nuansa Sekolah Jadi Nuansa Pesantren

Dering24

Dering24

DAERAHEDUKASILebong

Kepsek SMP Negeri 06 Lebong Ubah Nuansa Sekolah Jadi Nuansa Pesantren

DERING24.COM  LEBONG –  SMPN 06 Lebong atau yang lebih dikenal dengan sebutan Spenam (SMP-06) Tes yang berlokasi di Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu ini patut di apresiasi.

Pasalnya, sekolah yang dipimpin oleh seorang ustad muda yang kondang di seantero Kabupaten Lebong ini, berhasil menjadikan sekolah pavoritnya bernuansa pesantren ternama.

Kapala Sekolah Arwen Wahab, S.Pd,I. M.Pd mengatakan, bahwa dengan menciptakan sekolah yang bernuansa pesantren ini, karena SMP N 06 Lebong dulunya adalah sekolah rujukan, dan  kini menjadi sekolah percontohan bagi sekolah-sekolah lain di kabupaten lebong.

“Di sekolah ini, kita buat nuansa tersendiri, dengan menerapkan kedisiplinan yang ketat, semua praktik ibadah juga kita terapkan di sekolah ini, inilah yang di sebut sekolah bernuasa Pesantren,”jelas Kepsek,

Dengan motto: Serius ,Santai, Selesai, Susah Senang.  Sekolah tersebut bukan yang terbaik, tapi berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Arwen menilai, dengan merubah paradigma sebelumya, menjadi nuansa pesantren ini bukan mudah, berbagai program unggulan di tonjolkan, seperti pengabdian masyarakat, diantaranya yaitu SMP 06 Tes peduli dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan,  program rutin setiap bulan untuk bantu 4 orang susah dan miskin dalam ekonomi, serta dengan 22 kegiatan ekstrakulikuler dipersiapkan untuk para siswa sehingga siswa yang belajar di SMP 06 Tes betul-betul terdidik secara akademik dan berakhlaqur karimah (Akhlaq Mulia).

“Di SMP N 06 Lebong ini kita juga memberlakukan kepada seluruh dewan guru dan siswa/siswi termasuk kepala sekolah juga, agar tepat waktu, jam 07.15 wib roling pagar sekolah sudah kita tutup. Dan siswa siswi maupun guru guru apabila izin harus mengisi buku izin yang sudah disediakan pihak sekolah,”terangnya.

Arwen menambahkan, bahwa pihak sekolah SMP NEGERI 06 Lebong menerapkan persyaratan untuk kenaikan kelas dan kelulusan bagi Siswa siswi.

  1. Untuk naik ke kelas dua (2) Siswa/siswi diharuskan bisa melaksanakan shalat lima waktu.
  2. Untuk naik ke kelas tiga, siswa/siswi harus bisa membaca do’a
  3. Dan syarat untuk kelulusan, harus bisa praktik shalat jenazah dan lainya.

“Saya berharap dengan melakukan 3 unsur di atas, bukan malah menjadikan beban bagi siswa/siswi, ini akan menjadikan anak didik bisa beradaptasi di lingkungan masyarakat, apalagi kalau di amalkan di tengah masyarakat, ini akan menjadi contoh, walupun jika mereka tidak bisa melanjutkan atau putus sekolah,  ilmu agama tersebut berguna untuk kehidupan bermasyarakat nanti nya,”harap Arwen.

(In-dra)

Comment here