HealthNASIONAL

Kemlu: 2.433 WNI di Luar Negeri Terpapar Covid-19

DERING24.COM JAKARTA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakanp sejumlah sembilan warga negara Indonesia (WNI) terpapar Covid-19 di enam negara, pada Sabtu (26/12/2020).

Hal itu disampaikan melalui akun [email protected] Kemlu_RI pada Sabtu (26/12/2020).

Laporan tersebut menjadikan total WNI yang positif Covid-19 di luar negeri mencapai 2.433 WNI.

Menurut Kemlu, dari sembilan WNI yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sebanyak delapan orang berdomisili di Inggris Raya.

Selain itu, satu WNI lainnya yang dinyatakan positif virus Corona berada di Kuwait. Pada saat yang sama, sebanyak 2 WNI dinyatakan sembuh dari  Covid-19, dan semuanya berdomisili di Inggris Raya.

Kemlu menambahkan bahwa tidak ada penambahan kasus kematian akibat Covid-19 dari WNI di luar negeri.

Dengan demikian, WNI terpapar Covid-19 di luar negeri menjadi 2.433 yang tersebar di 78 negara dan termasuk para anak buah kapal yang bekerja di kapal pesiar.

Arab Saudi tercatat menjadi negara dengan jumlah WNI terpapar Covid-19 tertinggi yang diikuti Qatar, Kuwait, dan Malaysia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pandemi Covid-19 memunculkan tantangan tambahan bagi demokrasi.

Menurut Menlu, beberapa pihak menilai bahwa pembatasan atau lockdown yang dilakukan selama pandemi ini sebagai pengekangan kebebasan individu. Namun tidak demikian yang terjadi.

Pembatasan yang terbatas justru diperlukan guna mencegah munculnya risiko berkurangnya kebebasan dasar yang memang harus terus dihormati dan diimplementasikan.

Menlu menekankan pembatasan seperti itu juga harus terukur, agar tidak benar-benar menghilangkan hak kebebasan masyarakat. (IP)

Comment here