Kemenag Imbau Umat Islam Salat Kusuf Saat Datang Gerhana Matahari Cincin

Dering24

Dering24

LIFESTYLENASIONAL

Kemenag Imbau Umat Islam Salat Kusuf Saat Datang Gerhana Matahari Cincin

Gerhana Mata Hari Cincin

DERING24.COM, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan Salat Kusuf saat gerhana matahari cincin berlangsung. Fenomena alam itu akan berlangsung usai Hari Raya Natal 2019, tepatnya pada Kamis, 26 Desember 2019.

Plh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Tarmizi mengatakan umat Islam bisa melaksanakan salat sunah tersebut selama gerhana berlangsung. Seperti diketahui, gerhana matahari cincin diperkirakan berlangsung pada pukul 10:34 WIB hingga 14.00 WIB. Gerhana mencapai puncak pada 12.17 WIB.

“Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf,” kata Tarmizi dalam keterangan tertulis, Kamis (19/12/2019) di kutip Laman CNNindonesia.

Tarmizi menjelaskan Salat Kusuf dilakukan sebanyak dua rakaat. Salat dilakukan berjamaah dan dilengkapi dengan ceramah setelah salat dilakukan.

Rukun Salat Gerhana hampir sama dengan rukun salat pada umumnya. Namun sedikit ada perbedaan rukun saat itidal setelah rukuk. Jamaah tidak langsung sujud, melainkan kembali membaca surat Al-Fatihah dan satu surat lainnya.

Kemudian jamaah kembali rukuk dan itidal sebelum melakukan sujud. Sujud dilakukan dengan durasi yang sama dengan rukuk. Semua rukun itu dilakukan pula dalam rakaat kedua dan ditutup dengan salam.

“Setelah salat, imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya,” tutur Tarmizi.

Sebelumnya, Lembaga Astronomi dan Penerbangan (LAPAN) mengatakan masyarakat bisa mengamati gerhana matahari cincin di beberapa wilayah Indonesia pada 26 Desember.

Gerhana matahari cincin akan diamati di Sumatera Utara (Sibolga, Padang Sidempuan), Riau (Siak, Duri, Pulau Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulang Rangsang), Kepulauan Riau (Batam, Tanjung Pinang), Kalimantan Barat (Singkawang), Kalimantan Utara (Makulit, Tanjung Selor), dan Kalimantan Timur (Berau).

LAPAN memperkirakan Matahari akan tertutup dengan presentase terbesar yakni 72 persen pada pukul 12:19 WIB. Gerhana akan terjadi selama kurang lebih tiga jam.

Comment here