EDUKASIPROVINSI BENGKULU

Kantor Bahasa Bengkulu Gelar Penyuluhan

WhatsApp Image 2019-10-23 at 14.45.14

Bengkulu, Dering24.com – Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kantor Bahasa Bengkulu menggelar penyuluhan Bahasa Indonesia bagi insan Pers Provinsi Bengkulu pada Rabu pagi (23/10), di Aula Hotel Bumi Endah Kota Bengkulu.

Sekira 60 orang jurnalis dan pimpinan media dari berbagai jenis media massa yang ada di Provinsi Bengkulu, seperti Televisi, Media Cetak, Media Online dan Radio mengikuti penyuluhan bahasa oleh Kantor Bahasa Bengkulu ini.

Penyuluhan ini bertujuan untuk memberdayakan keahlian dari para insan Pers, baik wartawan maupun redaktur atau pimpinan media bisa lebih memahami terkait penggunaan bahasa didalam Produk Pers.

“Karena jika kegiatan ini kalau khusus wartawan, nanti ketika tulisan wartawan masuk ke dalam redaksi dan ada kesalahan, tapi redakturnya tidak menguasai bahasa, nanti salah juga, itulah sebabnya ditujukan kepada wartawan atau pimpinan medianya,” Ujar Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Karyono, dalam sambutannya.

Supaya, para penggiat media yang ada di Provinsi Bengkulu benar-benar bermartabat dalam penggunaan Bahasa Indonesia, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor  63 tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia . Karena apa, wartawan atau media massa merupakan corong dari kemartabatan Bahasa Indonesia, karena produk pers kebanyakan terdiri dari kalimat yang menggunakan bahasa Indonesia.

“Jadi, wartawan ini seolah-olah jadi gurunya guru, tetapi wartawan juga berguru pada wartawan, jadi tidaka da ujungnya, saling membahu dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik,” Imbuhnya.

 (ads)

Comment here