DAERAHMuko-Muko

Jelang Tahun Baru, Pemkab Mukomuko Siagakan Puskesmas Full Time

DERING24.COM, Mukomuko – Jelang tahun baru 2020, Pemerintah Kabupaten Mukomuko menyiagakan sejumlah puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dari dan luar daerah ini selamal 24 jam.

“Selama libur Natal dan tahun baru 2020 ini kami siagakan puskesmas yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, Selasa  (31/12/2019).

Adapun  puskemas sepanjang Jalinsum yang disiagakan 24 jam  tersebut yakni Puskemas di Kecamatan Air Rami, , Puskemas di Kecamatan Ipuh, Puskesmas di Kecamatan Sungai Rumbai, Puskesmas di Kecamatan Pondok Suguh, Puskesmas di Kecamatan Teramang Jaya,  Puskesmas di Desa Bukit Mulya dan Puskesmas di Lubuk Sanai Kecamatan XIV Koto.

“Kami menerapkan sistem piket dua hingga tiga orang petugas medis dan paramedis yang menjalankan tugas piket di setiap puskesmas yang disiagakan selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepadamasyarakat,”bebernya.

Selain menyiagakan 24 jam Puskemas di sepanjang jalur lintas ini,Dinas Kesehatan juga mendirikan pos pengamanan (Pospam) bersama terdiri dari gabungan polisi, TNI, unsur pemerintah di tiga titik. “Kami mendirikan Pospam bersama di tiga titik yakni Pospam di Wilayah Lubuk Pinang, Air Punggur Kota Mukomuko dan Penarik,” terang Bustam.

Ditambahkannya, selain itu jiga Dinkes menyiagakan 11 mobil ambulans di 11 puskesmas perawatan dan rawat jalan dan tiga unit mobil ambulans di tiga pospam.

“Kami juga menugaskan minimal sebanyak tiga orang tenaga medis dan paramedis di setiap pospam Natal dan tahun baru yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan,”demikian Bustam.

(Mc/HR)

Comment here