Bengkulu UtaraDAERAH

Jelang Pilkada, KPU BU Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Prokes

DERING24.COM BENGKULU UTARA  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik) di Tingkat TPS dalam Pemilihan Serentak, Pilkada Bupati-Wakil Bupati Bengkulu Utara 2020. dilaksankan di Desa Tanjung Agung Palik, Sabtu (21/11).

Dengan menerapkan Protokol kesehatan (prokes) dan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) kegiatan ini di hadiri oleh Kapolres Bengkulu Utara AKBP Anton Setyo Hartanto, SIK, MH., Bersama Dandim 0423/ Bengkulu Utara yang dalam Hal ini di Wakilkan Kasdim, sedangkan untuk Pihak dari KPU sendiri Komisioner KPU Provinsi Bengkulu dalam hal ini di oleh Emex Verzoni, S.E., dan KPU Bengkulu Utara Suwarto, SH.

“Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Serta Penggunaan SIREKAP di Tingkat TPS ini di Ikuti oleh 317 Peserta dalam Simulasi ini. Dengan menggunakan 4 Sistem Jenis Pembedaan Bilik Pemilih, dimana ada Penerapan Pemilih Disabilitas, Tunanetra, Suhu Tubuh Lebih +37,2 Celsius, dan Tidak menggunakan masker,”terang Emex Verzoni, S.E Komisioner KPU Provinsi Bengkulu.

Lebihlanjut disampaikannya, dalam Penerapan ini diharapkan agar pemilihan berjalan dengan lancar aman dan sehat demi tercapainya pemilihan yang memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Sedangkan dalam Proses Pemungutan suara sendiri telah tercapainya Proses Pemungutan Suara yang Transparan di mana di sampaikan oleh Komisioner KPU Provinsi Bengkulu dalam hal ini di oleh Emex Verzoni, S.E yang mana dalam proses ini telah menggunakan sistem SIREKAP atau Pemungutan suara secara Elektronik sehingga masyarakat umum dapat langsung memantau langsung jumlah suara tiap Calon nantinya.

“Dalam proses ini jika didapatkan kendala seperti penggunaan Internet yang di luar Jaringan, nanti nya pihak TPS memiliki suara, dan pihak tersebut akan secepatnya mengusahakan agar data yang di dapat untuk segera cepat di konfirmasikan melalui aplikasi,”ujarnya.

Dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa itu semua masih kita gunakan proses secara manual juga.

“Kendati telah menggunakan akses SIREKAP, karena aplikasi tersebut merupakan bentuk backUp data,”tutupnya.

Comment here