NASIONALPOLITIK

Ini Tiga Nama Calon Ketua Dewan Komisioner OJK

Pansel Tetapkan Tiga Nama Calon Ketua Dewan Komisioner OJK

DERING24.COM Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan tiga nama calon Ketua Dewan Komisioner OJK yaitu Mahendra Siregar, Darwin SN dan Iskandar Simorangkir.

Sri Mulyani menyampaikan hal tersebut bersama anggota pansel lain yaitu Perry Warjiyo, Kartika Wirjoatmodjo, Suahasil Nazara, Dody Budi Waluyo, Agustinus Prasetyantoko, Muhamad Chatib Basri, Ito Warsito dan Julian Noor.

“Sesuai ketentuan pasal 12 UU OJK, Presiden akan memilih dan menyampaikan 14 calon anggota Dewan Komisioner kepada DPR, masing-masing 2 calon untuk setiap jabatan yang kemudian akan dilakukan proses pemilihan oleh DPR,” kata Sri Mulyani Selasa (8/3/2022).

Ketiga calon Ketua Dewan Komisioner OJK itu, sudah menjalani empat tahapan seleksi yaitu pertama adalah seleksi administrasi, kedua adalah penilaian makalah sekaligus rekam jejak dan masukan masyarakat serta ketiga adalah asesmen dan tes kesehatan.

Sementara seleksi tahap keempat sendiri meliputi wawancara, afirmasi, serta pendalaman terutama terkait kualitas kepemimpinan serta integritas masing-masing calon yang dilakukan mulai 2 hingga 5 Maret 2022.

Berbagai seleksi itu, tidak hanya telah dilalui oleh ketiga calon Ketua Dewan Komisioner OJK saja melainkan juga 18 orang lainnya yang terbagi menjadi tiga calon untuk masing-masing jabatan Dewan Komisioner OJK.

Berikut nama 21 calon anggota Dewan Komisioner yang diserahkan ke Presiden Jokowi. Untuk calon Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK merangkap Ketua Komite Etik dan merangkap anggota:

1. Mirza Adityswara, Mirza pernah menduduki jabatan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (2013-2019), Anggota Dewan Komisioner OJK Ex-Officio (2015-2019).
2. Marwanto, Marwanto adalah Ahli Utama Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan, dan sebelumnya sempat menjabat Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu (2013-2019) maupun Komisaris BNI (2016-2020)
3. Mohammad Fauzi Maulana Ichsan, Saat ini ia menjabat Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Indonesia Financial Group (IFG) dan pernah menjadi Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Untuk calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota yaitu:

1. Dian Ediana Rae, Ia sebelumnya adalah Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan pernah menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia di London (2010-2013)
2. Agusman, Agusman saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Audit Internal Bank Indonesia
3. Ogi Prastomiyono, Ogi tercatat pernah duduk sebagai direktur BUMN, yakni Bank Mandiri dan Inalum.

Untuk calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota
1. Hoesen, Hoesen saat ini adalah Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK
2. Inarno Djajadi, Inarno merupakan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak Juni 2018 hingga saat ini. Ia sebelumnya adalah Komisaris Utama PT CIMB Niaga Securities (2014 – 2017) dan Komisaris BEI (2017 – 2018).
3. Doddy Zulverdi, Doddy saat ini menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara dan pernah menjadi Kepala Departemen Internasional BI.

Untuk calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya sekaligus merangkap anggota Dewan Komisioner OJK yaitu:
1. Pantro Pander Silitonga, Pantro menjabat sebagai Direktur Bisnis PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG)
2. Iwan Pasila, Iwan adalah Direktur Utama, PT Asuransi BRI Life
3. Adi Budiarso, Saat ini Adi menjabat sebagai Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan dan pernah menjabat sebagai Kepala Central Transformation Office (CTO) di Sekretariat Jenderal Kemenkeu.

Untuk calon Ketua Dewan Audit merangkap anggota Dewan Komisioner OJK yaitu:
1. Hidayat Prabowo, Hidayat adalah Deputi Komisioner Audit Internal Manajemen Risiko dan Pengendalian Kualitas OJK saat ini dan Ia juga pernah menjadi senior vice president di bidang audit di Bank Mandiri
2. Sophia Issabella Watimena, Sophia merupakan Executive Director of Operational Finance PT Inalum (Persero).
3. Budi Santoso, Budi adalah Direktur PT PricewaterhouseCoopers Consulting Indonesia (PWC) yang membidangi layanan forensik dan kejahatan keuangan dan pernah berkarir di KPK.

Untuk calon anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen sekaligus anggota Dewan Komisioner OJK yaitu:
1. Frederica Widyasari Dewi, Friderica merupakan Direktur Utama PT BRI Danareksa Sekuritas serta pernah menjadi direktur utama Kustodian Sentral Efek Indonesia dan direktur Bursa Efek Indonesia.
2. Hariyadi, Hariyadi berkarir di Bank Indonesia dan pernah menjabat sebagai direktur eksekutif di BI
3. Difi Johansyah, Difi saat ini menjabat sebagai komisaris utama PT Finnet Indonesia dan sebelumnya adalah Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur serta direktur eksekutif departemen komunikasi sekaligus juru bicara BI.

SUMBER INFOPUBLIK

Comment here