Icon Tugu Granat Menuju Pembangunan Desa Mandiri di Bengkulu Utara

Dering24

Dering24

Bengkulu UtaraDAERAHEKONOMI

Icon Tugu Granat Menuju Pembangunan Desa Mandiri di Bengkulu Utara

DERING24.COM BENGKULU UTARA – Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian menilai keberadaan Tugu Grana yang dibangun TMMD ke108 adalah wujud kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“Pembangunan Tugu Granat di titik persimpangan menuju jalan penghubung Desa Karang Tengah Kecamatan Putri Hijau dengan Desa Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Sebelat adalah kerjasama TMMD dan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.”kata Bupati Mian saat saat menghadiri peresmian Tugu Granat di Marga Sakti Sebelat, Kamis (16/7/2020). 

Menurut Mian, selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, TMMD yang dilaksanakan ini merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta Ketahanan Nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat, sesuai dengan tema yang diangkat dalam TMMD ke-108 TA 2020 ini yaitu “Pengabdian Untuk Negeri”.

“TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-108 dalam membantu Pemerintah daerah (Pemda) meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berbagai program kegiatan baik fisik maupun non fisik telah dilaksanakan pada masing-masing wilayah yang menjadi lokasi/sasaran TMMD secara bergotong royong melibatkan TNI, Polri, Pemda serta Masyarakat,”tutur Bupati. 

Lebih lanjut Bupati Mian mengatakan, peresmian Tugu Granat di titik persimpangan menuju jalan penghubung Karang Tengah dengan Suka Makmur menjadi icon tersendiri di Bengkulu Utara yang menjadi sejarah pembangunan dibangunnya jalan penghubung 2 Desa yakni Desa Karang Tengah dan Suka Makmur.

“Terima kasih setinggi-tingginya untuk Kodim 0423 Bengkulu Utara, TNI-Polri dan pihak yang terkait atas kerjasamanya dengan pemerintah daerah dalam pembangunan yang digarap ini,”katanya.

Menurutnya, pembangunan tugu ini telah dinantikan oleh masyarakat setempat, mengingat pembukaan badan jalan sepanjang 6 KM, yang menembus akses dua kecamatan, yaitu kecamatan Marga Sakti Sebelat dengan kecamatan Putri Hijau. “Insha Allah Kerja sama Pemerintah Daerah bersama TNI akan terus berlanjut untuk membangun bengkulu Utara, semoga tahun depan TMMD dilaksanakan di 2 lokasi yaitu Kec. Kerkap dan Putri Hijau,” Jelasnya. 

Sementara itu, Letkol Inf Agung Pramono Saksono, S.Sos, M.Si Dandim 0423 BU menyampaikan, selain itu juga Kegiatan non fisik dalam pelaksanaan TMMD-108 juga bekerjasama dengan pemkab Bengkulu Utara dilaksanakan seiring dengan kegiatan fisik lainnya seperti dibangunnya jembatan Platdeker, pekerjaan Gorong-gorong, pembuatan Pos kamling dan Pengerasan jalan sepanjang 1 KM.

Selain itu, juga dilaksanakan penyuluhan tentang Bela Negara, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan tentang bahaya radikalisme dan terorisme dan penyuluhan pertanian, penyuluhan Narkoba.

“Karena saat ini masih dalam situasi Covid-19, juga akan dilaksanakan penyuluhan tentang pentingnya protokol kesehatan untuk meminimalkan perkembangan Covid-19 di wilayah Bengkulu Utara,”ujarnya.

(Mc)

Comment here