EDUKASIPemerintahPROVINSI BENGKULU

HDI 2020, Senator Riri Imbau Kepala Daerah Peka dengan Keberadaan Penyandang Disabilitas

DERING24.COM BENGKULU – Berbagai kegiatan menarik digelar dalam acara pembukaan dan konferensi pers Hari Disabilitas International (HDI) 2020 yang jatuh pada hari ini, Kamis (3/12/2020). Acara HDI 2020 di Indonesia telah dibuka sejak 18 November lalu oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia atau yang akrab disingkat Kemensos RI.

Pada HDI 2020, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menuturkan, ada dua hal prinsip yang harus diperhatikan oleh lembaga-lembaga pemerintahan terhadap disabilitas, baik pusat maupun daerah.

“Yang pertama mengenai terpenuhinya dengan baik hak-hak disabilitas dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) dan terpenuhinya dengan baik hak-hak disabilitas dalam mendapatkan akses kesehatan di tengah pandemi,” kata Riri Damayanti.

Dalam Pilkada Serentak 2020, Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini menjelaskan, pemilih difabel jangan sampai tidak masuk dalam data dan mendapatkan fasilitas sesuai dengan kebutuhannya.

“Setiap penyandang disabilitas harus terpenuhi hak-hak konstitusionalnya sebagai warga negara karena di mata hukum kedudukannya sama dengan warga lainnya. Jangan sampai ada yang tidak terdata dan tidak terpenuhi fasilitas sesuai dengan kebutuhannya,” ungkap Riri Damayanti.

Hal lainnya, lanjut Wakil Ketua Bidang OPK BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu ini, menggalang solidaritas untuk penyandang disabilitas yang belajar, bekerja, dan terdampak pandemi covid-19 sebagaimana yang diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Presiden sudah mengimbau dan imbauan ini pantas sekali untuk diikuti dan diterapkan oleh seluruh kepala daerah. Mulai dari gubernur sampai kepala desa dan lurah harus peka dengan keberadaan penyandang disabilitas di sekitarnya agar tetap bisa berpartisipasi dalam pembangunan menuju masa depan lebih baik,” tukas Riri Damayanti.

“Building Back Better: toward a disabilityinclusive, accessible and sustainable post covid 19 World” atau membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih aksesibel dan berkelanjutan pasca pandemi covid-19″ demikian tema peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020.

Di Indonesia, konsep HDI 2020 digelar secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dalam sejumlah rangkaian kegiatan dan dibuka langsung oleh Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara. [Ads]

Berikut rangkaian kegiatan HDI 2020 yang diselenggarakan oleh Kemensos RI sebagaimana dikutip dari akun instagram resmi @kemensosri, #HDI2020:

  1. Peluncuran Situs Creative Disabilities Gallery (Launching Website).
  2. Upacara Pembukaan (Opening Ceremony).
  3. Menghadirkan Galeri Disabilitas Kreatif melalui situs yang diluncurkan tersebut (Creative Disabilities Gallery).
  4. Pertunjukan Disabilitas (Disabilities Show).
  5. Penghargaan Disabilitas Kreatif (Creative Disabilities Show).
  6. Acara Puncak HDI 2020.

Comment here