DAERAHLebong

Hadiri HPSN, Bupati Imbau Tumbuhkan Kesadaran Peduli Sampah Dari Diri Sendiri

WhatsApp Image 2022-02-21 at 20.07.31

DERING24.COM LEBONG – Senin (21/2/2022) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong mempringati acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan motto “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim Menuju Lebong Bahagia Dan Sejahtera “.

Acara HPSN yang digelar di Terminal Pasar Rakyat Lebong dan dihadiri langsung oleh Bupati Kopli Ansyori dan Wakil Bupati Lebong Drs.Fahrurozi, Sekda Lebong, Kejari Lebong, Kapolres Lebong, Pabung, Kadis DLH Lebong, Kadis PUPR-Hub Lebong, Camat, Kades dan THLT.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, dalam sambutanya bupati menyampaikan, momentum seperti ini adalah momentum peduli sampah, dimana kita dituntut untuk menanamkan kepedulian terhadap sampah dan itu harus dimulai dari hulu.

WhatsApp Image 2022-02-21 at 20.07.33

“Untuk peduli terhadap sampah, kita harus memulainya dari diri sendiri, sedangkan menumbuhkan kesadaran peduli terhadap sampah, pemerintah kabupaten lebong dapat mengelola sampah tersebut mejadi barang yang berguna dan bermanfaat,”ujar Bupati Kopli.

Sementara diakui  oleh Plt Kadis DLH Kabupaten Lebong Indra Gunawan,S.pi  ini, “Persoalan sampah di kabupaten lebong memang belum optimal, dikarenakan mobilitas yang belum memadai,”terangnya.

“Saya berharap dari pengolahan sampah yang selama ini tidak beroprasi segera dioprasikan, sehingga sampah-sampah yang ada dapat dijadikan nilai jual yang tinggi,”harapnya.

Kegiatan HPSN yang dilaksanakan pada hari ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan. Adapun kegiatan yang telah dilakukan adalah seperti:

  1. Penyuluhan Kepada Anak Usia Dini yang bertempat di SMP 01 lebong, SMP 06 lebong dan SMP 08 lebong.
  2. Menyampaikan surat edaran (se) peringatan HPSN tahu 2022 untuk melakukan gerakan pengurangan sampah bagi siswa sekolah, pegawai maupun masyarakat di kabupaten lebong dari tgl 15-18 Pebruari 2022.
  3. Membangun kerjasama dengan Bank Sampah Untuk Kita (BASUKI) dan mendorong terbentuknya bank sampah di desa-desa dan di sekolah, dan dilanjutkan dengan pembinaan.

WhatsApp Image 2022-02-21 at 19.19.35

Sementara itu, Perwakilan DLH Prov Bengkulu menyampaikan, bahwa  permasalahan sampah adalah permasalahan kita bersama. Penyumbang sampah terbesar di kabupaten lebong adalah sektor pertanian dan rumah tangga.

“Permasalahan sampah adalah permasalahan kita bersama, di momentum ini mari kita tanamkan kepedulian terhadap sampah, jangan membuang sampah sembarangan, sehingga tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan,”tutupnya.

Pewarta : Indra
Uploader : Adhy Tea
COPYRIGHT © DERING 2022

Comment here