Gubernur Bengkulu: Dokter Hewan Punya Peran Strategis di Masa Pandemi

Dering24

Dering24

PEMPROVPROVINSI BENGKULU

Gubernur Bengkulu: Dokter Hewan Punya Peran Strategis di Masa Pandemi

DERING24.COM BENGKULU – Dokter Hewan tidak hanya memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan, namun lebih daripada itu mampu untuk mengendalikan bahkan mengatasi wabah pandemi yang disebabkan oleh hewan itu sendiri.

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat Halal Bihalal 1441 H bersama pengurus PBPDHI dan Ketua Cabang PDHI, Ketua ONT, LSP Keswan, AFKHI, PIDHI dan Lansia Vet, Sabtu (6/6) di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu via cloud meeting.

Disampaikan Gubernur Rohidin, bahwa kondisi lingkungan alam yang sangat padat dan kurangnya kesadaran akan kesehatan, sering kali menimbulkan wabah penyakit khususnya yang berasal dari hewan kepada manusia (zoonosis).

Untuk itu Dokter Hewan memiliki peranan strategis dalam memberantas sekaligus mengendalikan penyakit zoonosis, agar tidak kembali mewabah.

“Kondisi alam lingkungan yang dengan semakin sarat dengan beban dimana daya dukung yang semakin berkurang sementara aktifitas yang semakin pesat maka ledakan wabah itu bisa terjadi sebagai mana kita alami sekarang pandemi Covid-19, dulu ada flu burung, antrax dan sebagainya peran dokter hewan itu sangat strategis disitu,” papar Gubernur Rohidin.

Di samping itu, kebutuhan masyarakat akan protein yang tentu dihasilkan oleh hewan – hewan sehat, menjadi tanggung jawab Dokter Hewan untuk memastikan bahwa hewan tersebut betul – betul sehat dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

“Era global maupun Era perbaikan tingkat kesejahteraan ekonomi dunia, maka peran Dokter Hewan itu sangat strategis dalam rangka memenuhi kebutuhan protein asal hewan, memastikan sehat dan bergizi itu peran dokter hewan,” tambah Gubernur Rohidin.

Halal Bihalal 1441 H ini diikuti oleh semua pengurus Dokter Hewan seluruh Indonesia, Gubernur Rohidin pada kesempatan ini berharap kegiatan ini dapat menjadi penyatu serta sarana Silaturahmi seluruh Dokter Hewan se Indonesia.

“Kolaborasi dari Sabang sampai Marauke itu harus betul – betul menyatu menjadi sebuah kekuatan dokter hewan yang akan bisa mewarnai Indonesia, selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H,” ucap alaumni UGM ini.

Comment here