ADVERTORIALDAERAHLebong

Festival Ken-Durian Lebong Berjalan Sukses

Durian

DERING24.COM, LEBONG Kabupaten Lebong termasuk salah satu daerah penghasil buah durian terbesar di Provinsi Bengkulu. Bahkan rasa buahnya cukup populer di masyarakat Bengkulu akan rasanya yang sangat manis serta daging buah yang tebal, sehingga tak kalah bersaing dengan buah durian di daerah lain.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si. mengatakan, “Saya minta kepada Dispertan (dinas pertanian dan perikanan, red) untuk terus mengembangkan potensi tani durian di Lebong ini,’’katanya. Minggu (16/02/2020).

Ia juga meminta agar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong terus  mempromosikan wisata yang di dalamnya juga mengedepankan potensi pertanian yang ada di Lebong.  Antara lain menggelar kegiatan serupa layaknya kegiatan Lebong Ken-Durian Festival yang mengenalkan buah durian Lebong kepada masyarakat luas.

WhatsApp-Image-2020-02-17-at-22.44.03-1.jpeg

‘’Misalnya promosi wisata kebun buah jeruk gerga yang ada di Lebong,’’ papar Mustarani.

Sementara Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si memastikan pihaknya akan terus mempromosikan Lebong sebagai destinasi wisata. Namun tanpa adanya dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah lain, promosi daerah tidak akan berjalan maksimal.

 ‘’Misalnya promosi buah durian yang baru saja kami laksanakan, kalau tidak didukung peningkatan hasil panen durian tentunya promosi tidak akan berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat,’’ tukas Eddy.

WhatsApp-Image-2020-02-17-at-22.44.03.jpeg

Untuk menjaga keaslian rasa buah durian Lebong yang manis dan berdaging buah tebal, masyarakat juga tidak boleh mengubah pola panen. Misalnya tidak memetik buah yang belum tua. Umumnya masyarakat Lebong memanen durian dengan menunggu buahnya jatuh sendiri dari batang sehingga proses kematangan buah benar-benar alami.

‘’Kalau dipetik sebelum waktunya, tentu saja akan berpengaruh buruk terhadap cita rasanyam,’’ terang Eddy.

(ADV-AMBO)

Comment here

placeholder="Your Comment">