KOTA BENGKULU

dr Lista : RS IA TG ialah Rumah Sakit Khusus

rsia-stella-maris

DERING24.COM KOTA BENGKULU – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Harapan dan Doa (RSHD) dr Lista Cherlyviera menjelaskan maksud dan tujuan Walikota Bengkulu Helmi Hasan menghadirkan Rumah Sakit Bersalin Ibu dan Anak Tino Galo (RS IA TG) di Kota Bengkulu.

“Ya, rumah sakit bersalin ini maksudnya bukan masalah gender atau apa. Keinginan pak Wali itu seperti ini, selagi bisa dikerjakan oleh dokter perempuan, perawatnya perempuan, nah itu nanti mungkin kekhususan gitu, nah ini rencananya. Tapi bukan berarti mengesampingkan atau mengabaikan laki-laki,” ungkap Lista, Senin (21/2/2022).

Hadirnya RS IA TG sebenarnya untuk menyempurnakan program HD Bersalin Pemkot Bengkulu dengan menghadirkan rumah sakit.

“Jadi gini, kita di Kota Bengkulu kan sudah ada program HD bersalin, ke depan akan lebih dimaksimalkan lagi dengan hadirnya rumah sakit. Jadi kalau di Kemenkes itu ada rumah sakit khusus sebenarnya,” tambahnya.

Tetapi untuk mendirikan sebuah rumah sakit memang banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

“Untuk jadi rumah sakit itu harus bertahap menjadi klinik bersalin dulu, mungkin itu juga akan lebih baik. Karena persiapan segala sesuatu sekarang untuk mendirikan rumah sakit itu mempunyai syarat izin kelayakan, izin Mendirikan, dan segala macamnya, itu harus dipersiapkan dari sekarang,” tuturnya.

Ia juga menegaskan, RS IA TG ialah merupakan rumah sakit khusus.

“Di dalam peraturan itu kalau dia misalnya cuma melayani bersalin atau persalinan, itu namanya rumah sakit khusus kebidanan. Jadi segala yang berkaitan dengan kebidanan, ibu dan anak itu sudah pasti. Nah kalau sekarang sudah ada rumah sakit ibu dan anak, nah rumah sakit khusus itu sebenarnya,” tutupnya. (Rilis)

Comment here