ADVERTORIALDPRD LebongKabar Parlemen

DPRD Lebong Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi Terkait LKPJ Tahun 2021

WhatsApp Image 2022-05-23 at 20.10.06

DERING24.COM LEBONG Bertempat di gedung paripurna DPRD Lebong senin (23/5/2022) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong menggelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi terkait laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021.

Pada rapat paripurna kali ini dewan dari fraksi PAN yang disampaikan oleh Wilian menyampaikan diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan fungsi urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar pendidikan dan urusan kebudayaan.

WhatsApp Image 2022-05-23 at 20.10.02

Untuk tahun 2021 telah dilaksanakan antara lain :

  1. Program penunjang urusan pemerintahan daerah kabupaten /kota.
  2. Program pengelolaan pendidikan.
  3. Program pengelolaan informasi administrasi kependudukan.
  4. Program pembangunan kesenian Daerah.
  5. Program pelestarian dan pengelolaan cagar budaya berdasarkan capaian anggaran dan capaian terhadap indikator pelaksanaan program dan kegiatan, perlu kira nya memperhatikan hal sbb:

WhatsApp Image 2022-05-23 at 20.10.05

A. Dalam hal penganggaran agar lebih profesional antara belanja langsung dengan belanja tidak langsung.

B. Untuk selalu mensinergikan peraturan perundang-undangan antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten /kota dalam pengisian kekosongan kebutuhan akan tenaga pendidik baik yang pensiun maupun pengangkatan tenaga pendidik baru.

C. Secara kuantitas keberadaan guru SD dan SMP kedepan terus mengalami penurunan akibat semakin banyak guru yang pensiun, sedangkan pengangkatan guru sangat tidak memadai untuk menanggulangi hal tersebut diatas, perlu adanya peningkatan /penambahan guru kontrak untuk di tingkat SD dan SMP.

D. Optimalisasi penggunaan anggaran pendidikan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

E. Meningkatkan aksesibilitas pendidikan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik wilayah.

F. Meningkatkan kepedulian, peran dan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggara pendidikan.

G. Meningkatkan sarana dan prasarana yang lebih memadai dalam memajukan kebudayaan.

H. Diharapkan kepada pihak eksekutif untuk memberikan solusi kesejahteraan guru PAUD mengingat penting nya pendidikan usia Dini.

I. Tidak tersedia nya anggaran untuk perda adat yang mengakibatkan dualisme kepemimpinan Badan musyawarah adat (BMA) untuk dapat ditindak lanjut dan di evaluasi.

Rapat paripurna dihadiri langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen,Waka 1 DPRD Lebong, Waka 2 DPRD Lebong, Sekda Lebong, Pabung RL, Kapolres Lebong, Pimpinan OPD Lingkup Lebong dan Camat se-Kabupaten Lebong.

(Indra/ADV)

Comment here