ADVERTORIALDAERAHDPRD LebongKabar Parlemen

DPRD Lebong Gelar Rapat Paripurna Nota Pengantar Raperda TA 2022 Dan LKPJ  TA 2021

WhatsApp Image 2022-04-18 at 11.17.58 (1)

DERING24.COM LEBONG – Senin (11/4/2022) bertempat di gedung paripurna DPRD Lebong menggelar rapat paripurna nota pengantar raperda tahun anggaran 2022 dan LKPJ tahun anggaran 2021.

Rapat paripurna dihadiri oleh bupati dan wakil bupati Lebong, sekda Lebong, waka 1 DPRD Lebong, serta anggota DPRD Lebong, dan para asisten dan kepala OPD dilingkup lebong.

WhatsApp Image 2022-04-18 at 11.17.54

Dalam sambutan nya Bupati Lebong Kopli Ansori menyampaikan,  nota pengantar Raperda P-APBD lebong menjadi percepatan menuju Lebong bangkit yang menjadi tema utama P-APBD tahun 2022 ini.

“P-APBD pertama yang di prioritaskan adalah mendorong pertumbuhan ekonomi pada UMKM dan pertanian, kedua yang menjadi prioritas adalah mendorong konektivitas antar wilayah untuk pemerataan pembangunan dan mengurangi kemiskinan, ketiga adalah meningkatkan pembangunan SDM, keempat adalah pembangunan pariwisata yang berbasis pada kearifan lokal dan kelestarian budaya, kelima adalah memperkuat layanan infrastruktur untuk mendorong perekonomian daerah dan keenam menjaga keberlangsungan lingkungan dan meningkatkan ketahanan bencana daerah dan ketujuh membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan berbasis tekhnologi,”terang Bupati Kopli.

WhatsApp Image 2022-04-18 at 11.18.00

Lanjut bupati menerangkan, bahwa P-APBD Lebong di tahun 2022 mengalami penurunan pendapatan yang tajam, dan ini sangat mempengaruhi kemampuan fiskal di tahun 2022. Guna untuk memastikan sasaran prioritas dapat mencapai output nya sampai akhir batas waktu tahun anggaran maka telah dilakukan rasionalisasi belaja daerah, khususnya belanja operasi untuk barang dan jasa, belanja pegawai maupun belanja lainnya dengan tujuan menjaga performa APBD 2022 agar tetap terkendali serta mencerminkan optimisme dan kehati-hatian.

“Oleh karena itu belanja daerah pada P-APBD 2022 diprioritaskan pada pertama refokusing penanganan pandemi covid-19, kedua untuk menuntaskan program kegiatan yang dipastikan dapat tercapai output yang terukur dan berdampak langsung pada pelayanan publik, kemudian ketiga akan mengoptimalkan belanja modal sebagai daya dukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah kabupaten lebong  dan keempat, belanja prioritas dan strategis yang berkelanjutan untuk kesiapan pelaksanaan program tahun 2023,”jalasnya.

WhatsApp Image 2022-04-18 at 11.17.59

Dalam pidato pengantar LKPJ TA 2021 bupati lebong juga menyampaikan bahwa agenda hari ini adalah merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintahan daerah, untuk secara transparan dan akuntabel menyampaikan informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan tahun 2021 yang telah disetujui bersama dalam perda penetapan APBD dan perubahan APBD.

Usai dengarkan pidato paripurna dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara penyampaian laporan pertanggungjawaban LKPJ tahun anggaran (TA) 2021 oleh bupati Lebong Kopli Ansori kepada pimpinan DPRD Lebong Carles Ronsen.

(ADV/Indra)

Comment here