DPRD Lebong Gelar Rapat Pandangan Umum Fraksi, Delapan Raperda Masuk Bapemperda

Dering24

Dering24

DAERAHLebong

DPRD Lebong Gelar Rapat Pandangan Umum Fraksi, Delapan Raperda Masuk Bapemperda

DPRD Lebong

DERING24.COM, LEBONG Agenda rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Lebong, atas nota pengantar Raperda tahun 2020. Dilanjutkan dengan jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi-fraksi. Bertempat di Ruang Paripurna DPRD setempat (20/01/2020).

Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen menyampaikan delapan Raperda yang diajukan pihak eksekutif, akan segera dibahas oleh Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Lebong. Bersama pihak jajaran Pemkab Lebong terkait, sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Soal 8 Raperda yang diajukan Pihak eksekutif ini, DPRD punya AKD Bapemperda yang akan membahas bersama pihak eksekutif. Terkait prosesnya selanjutnya, itu kita serahkan ke Bapemperda. Karena sesuai tahapannya memang begitu, diproses Bapemperda kemudian dibahas tingkat Fraksi nantinya. Intinya sekarang masuk domainnya Bapemperda,” sampai Carles.

Usai paripurna Asisten I Setda Lebong, Jafri, S.Sos menyampaikan dari 8 Raperda yang diajukan Pemkab Lebong menargetkan ada dua Raperda yang digenjot untuk segera di Perda-kan dalam waktu dekat. 

Pertama Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Lebong Nomor 21 Tahun 2007 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Lebong. Yang kedua Raperda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil.

“Dari 8 Raperda, terutama yang menyangkut Hari jadi Kabupaten Lebong yang direncanakan nanti tanggal 18 Desember. Sesuai dengan Undang Undang 39 tahun 2003 tentang pembentukan kabupaten Lebong dan Kepahiang ditandatangani oleh Presiden tanggal 18 Desember 2003. Kemudian di pasal terakhir juga disebutkan juga Undang Undang tersebut berlaku sejak diundangkan. Kemudian Raperda Penyidik Pegawai Negeri Sipil, ini kalau bisa secepatnya, Karena kita akan menegakkan Perda-perda yang sudah kita sahkan,” ungkap Jafri.

Adapun kedelapan Raperda tersebut meliputi, Raperda tentang Pengelolaan Sampah, Raperda tentang Penetapan Baku Mutu Air dan Kelas Air Sungai di Kabupaten Lebong. Selanjutnya, Raperda tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Kabupaten Lebong.

Raperda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum, Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat. Raperda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil.

Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Lebong Nomor 21 Tahun 2007 tentang Penetapan Hari Jadi Kabupaten Lebong. Raperda tentang Perubahan nama Kecamatan Pelabai Menjadi Kecamatan Tubei dan Raperda tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

(Erwin)

Comment here